iklan zonasultra

Survei Indo Barometer Pilbup Konawe, Kery-Gusli Raih Elektabilitas Tertinggi 62,1 Persen

Survei Indo Barometer Pilbup Konawe, Kery-Gusli Raih Elektabilitas Tertinggi 62,1 Persen
DEBAT PUBLIK - Debat Publik Pilbub Konawe, beberapa waktu lalu. Indo Barometer mengeluarkan hasil survei untuk calon bupati di Kabupaten Konawe.(Foto : Dok/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM,KENDARI– Indo Barometer mengeluarkan hasil survei untuk calon bupati di Kabupaten Konawe. Hasilnya, calon petahana, Kery Saiful Konggoasa yang berpasangan dengan Gusli Topan Sabara meraih elektabilitas tertinggi dengan persentase 62,4 persen.

Pada urutan kedua, pasangan calon Irawan Laliasa dan Adi Jaya Putra mereaih persentase 15,0 persen, menyusul Litanto – Murni Tombili 14,5 persen, dan Muliati Saiman – Mansur 3,6 persen. Sedangkan pemilih yang enggan menyebutkan pilihannya sebanyak 4,8 persen.

“Jika dilihat dari selisih antara Keri dengan Irawan dan calon lainnya dengan pemilih yang belum memutuskan pilihan 4,8 persen, maka (Keri) sulit dikejar oleh kandidat lainnya dalam posisi itu,” kata peneliti Indo Barometer, Hadi Suprapto Rusli, Senin (14/5/2018).

Survei Indo Barometer itu dilaksanakan meliputi 28 kecamatan di Kabupaten Konawe pada tanggal 9 sampai 16 Maret 2018. jumlah responden yang diberikan kuesioner penelitian sebanyak 420 orang. Responden berusia minimal 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah.

(Berita Terkait : Debat Publik, Ini Visi Misi Paslon Bupati Konawe)

Metode penarikan sampel yang digunakan pada penelitian itu adalah multistage random sampling dengan engan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner sendiri.

“Ya, margin errornya dalam penelitian ini sebesar 4.78 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen. Perlu diketahui, maksud dan tujuan survei ini untuk melihat permasalahan di Konawe, peta politik termasuk peluang calon bupati Konawe tahun 2018,” terang Hadi Suprapto. (B)

 


Reporter: Lukman Budianto
Editor: Tahir Ose

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib