Honda

Survei Parameter: Surunuddin Masih Diinginkan Jadi Bupati

Survei Parameter: Surunuddin Masih Diinginkan Jadi Bupati
SURVEI PARAMETER - Hasil survei pemilihan kepala daerah (Pilkada) Konawe Selatan (Konsel) yang dirilis Parameter pada Rabu (2/10/2019) di salah satu hotel Kota Kendari. Dalam survei ini, mayoritas masyarakat Konawe Selatan (Konsel) kembali menginginkan Surunuddin Dangga menjadi bupati pada periode 2020-2025. (Ramadhan Hafid/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Mayoritas masyarakat Konawe Selatan (Konsel) masih menginginkan petahana Surunuddin Dangga kembali menjadi bupati pada periode 2020-2025. Hal itu berdasarkan hasil temuan dan analisis survei Parameter, yang dirilis Rabu (2/10/2019) di salah satu hotel Kota Kendari.

Direktur Eksekutif Parameter, Ras MD mengatakan, survei ini dilakukan pada 9-19 September 2019 dengan 1.000 responden. Dilakukan dengan tatap muka mengunakan metode multistage random sampling. Margin of eror 3,16 persen.

Ras menyebut, mayoritas masyarakat, 54,10 persen masih menginginkan Surunuddin menjadi bupati. Yang tidak menginginkan 20,20 persen dan tidak tahu sebanyak 25,70 persen.

iklan zonasultra

Dikatakannya, alasan masyarakat Konsel masih menginginkan Surunuddin menjadi bupati, karena memperoleh rapor hijau atas empat kondisi kehidupan masyarakat, yakni menangani masalah politik, masalah ekonomi, masalah keamanan, dan masalah penegakan hukum.

(Baca Juga : Rasyid Konsolidasi Maju Pilkada Konsel 2020)

Dalam survei Parameter ini, tingkat elektabilitas Surunuddin masih tertinggi, yakni 52,5 persen. Sementara di posisi kedua ada nama Ketua DPRD Konsel Irham Kalenggo dengan angka 9,5 persen, disusul Rasyid 2,0 persen.

Kemudian, Ketua DPD Demokrat Sulawesi Tenggara, Muhammad Endang 2,0 persen dan Arsalim 1,8 persen. Sebanyak 32,2 persen belum memutuskan.

Menurut Ras, Surunuddin masih terlalu kuat bagi lawan-lawannya yang akan maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Konsel 2020.

“Selisih Surunuddin dengan Irham Kalenggo mencapai 43 persen. Ini hampir masuk angka aman bagi petahana, dan masih terlalu kuat bagi pesaingnya,” kata Ras. (B)

 


Kontributor: Ramadhan Hafid
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib