iklan zonasultra

iklan zonasultra

Survei SDI Pilbup Kolaka, SMS Unggul 64,16 Persen

Survei SDI Pilbup Kolaka, SMS Unggul 64,16 Persen
PILKADA KOLAKA - Bupati Kolaka terpilih, Ahmad Safei (berdiri) mendampingi peneliti lembaga survei SDI saat menggelar konferensi pers terkait hasil perhitungan cepat Pilbup Kolaka di kediaman Ahmad Safei, Rabu (27/6/2018). (Abdul Saban/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Hasil perhitungan suara secara cepat yang lakukan oleh Sinergi Data Indonesia (SDI) dalam Pemilihan Bupati (Pilbup) Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) mencatatkan Pasangan Calon (Paslon) Ahmad Safei dan Muhammad Jayadin (SMS) Berjaya mencapai 64,16 persen demgan jumlah suara yang masuk sebesar 62,27 persen.

hasil perhitungan cepat itu digelar di kediaman Bupati Kolaka terpilih, Ahmad Safei di jalan Haluoleo, kelurahan Watuliandu, kecamatan Kolaka, Rabu (27/8/2018).

Hasil survei ini menyatakan, Paslon Calon Bupati (Cabup) Kolaka nomor urut 1 itu unggul jauh ketimbang rivalnya, Paslon nomor 2, Asmani Arif – Syahrul Beddu (Berani) yang hanya mengumpulkan angka sebesar 35,84 persen.

Peneliti SDI Candra Hendarnoto mengatakan, data perhitungan cepat ini diperoleh melalui penelitian ilmiah untuk menentukan hasil prediksi pemenang Pilbup Kolaka periode 2018-2023. Datanya diambil dari 224 sampel TPS yang ada di kabupaten Kolaka. Tingkat partisipasi 78,5 persen, sampling eror sekitar 1 persen.

Dengan mengambil sampel dari 65.332 suara di 127 TPS yang ada di Kolaka, perhitungan ini juga menyimpulkan pasangan Ahmad Safei dan Mauhammad Jayadin unggul di hampir semua kecamatan.

(Baca Juga : Pilbup Kolaka, Ahmad Safei dan Istri Memilih di TPS 10)

Candra menjelaskan, analisa faktor penentu kemenangan SMS di Pilbup Kolaka karena tingkat popularitas calon yang cukup tinggi, kepuasan publik atas kinerja sekitar 77,04 persen), dianggap berpengalaman oleh masyarakat dan kompetensinya yang lebih unggul.

Sementara itu, Bupati Kolaka terpilih Ahmad Safei mengatakan, hari ini merupakan finalisasi atas proses politik di daerah ini.

Safei mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam proses demokrasi sehingga mengantarkan dirinya bersama wakilnya, Muhammad Jayadin untuk kembali meminpin kabupaten Kolaka.

“Hari ini, seluruh kegiatan poltik sudah selesai. Mari sama-sama membangun kabupaten Kolaka dengan mememlihara kedamaian. Mari kita bersatu padu membangun kabupaten Kolaka agar lebih baik lagi ke depan, ” katanya.

Safei juga menekankan kepada seluruh masyarakat bahwa, kemenangan ini jangan dijadikan euvoria, jangan takabur sehingga menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Karena Pilbup bertujuan untuk membangun kabupaten Kolaka. (*)

 


Penulis : Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib