iklan zonasultra

Tabrakan Kapal, Satu Nelayan Hilang di Perairan Cempedak

Tabrakan Kapal, Satu Nelayan Hilang di Perairan Cempedak
SAR - Tim Sar Basarnas telah dibernagkatkan untuk mencari nelayan yang hilang setelah bertabarakan dengan kapal tugboat 24 Juni lalu. (Foto : SAR)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kendari melakukan pencarian terhadap seorang nelayan bernama Idar (40) yang dilaporkan hilang setelah perahu yang ditumpanginya tertabrak kapal tugboat di Perairan Cempedak, Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep).

Kepala Basarnas Kendari Aris Sofingi mengatakan, pihaknya menerima laporan dari seorang juragan kapal Jarre bahwa telah terjadi kecelakaan sebuah longboat dengan penumpang 1 orang tertabrak kapal Tugboat pada tanggal 24 Juni 2020 pukul 20.00 WITA.

“Pencarian telah dilakukan oleh nelayan yang ada dilokasi terjadinya kecelakaan tetapi hingga kami menerima laporan hasilnya nihil, “ ungkapnya pada zonasultra.com, Kamis (25/6/2020).

Oleh karena itu, Tim Basarnas Kendari telah berangkat menuju Lokasi Kejadian Kecelakaan (LKK) dengan menggunakan Rigid Inflatable Boat (RIB) untuk memberikan bantuan.

Adapun jarak LKK dengan dermaga Basranas sekitar 26 nauctial mile (NM) dengan kondisi cuaca hujan, arah angin bertiup timur – selatan kecepatan 2 sampai dengan 12 knot dengan tinggi gelombang 1,5 hingga 2 meter.

Untuk diketahui, tugboat atau kapal tunda adalah kapal yang digunakan untuk melakukan pergerakan, utamanya menarik atau mendorong kapal lainnya di pelabuhan, laut lepas atau melalui sungai atau terusan. Kapal tunda digunakan pula untuk menarik tongkang, kapal rusak, dan peralatan lainnya. (b)

 


Kontributor: M Rasman Saputra
Editor: Ilham Surahmin

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib