iklan zonasultra

Tahap Dua Pengerjaan Jalan Wisata Kendari-Toronipa Mulai Dikerjakan

DPRD Sultra Tinjau Jalan Kendari - Toronipa, Ali Mazi Pamer Konstruksi Beton
Jalan Wisata Kendari-Toronipa

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pembangunan jalan wisata Kendari-Toronipa, untuk tahap dua akhirnya bakal segera dikerjakan. Dengan anggaran multiyears sekitar Rp756 miliar, jalan wisata yang menghubungkan Kecamatan Kendari, Kota Kendari dan Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe ini bakal dikerjakan sepanjang 11 kilometer.

Plt Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Sultra, Abdul Rahim mengungkapkan, saat ini pihaknya telah melakukan tanda tangan kontrak dengan dua perusahaan kontraktor yang akan mengerjakan jalan wisata tersebut. Kedua perusahaan itu, yakni PT PP (Persero) Tbk dan PT Karya Pare Sejahtera.

“Kita sudah tanda tangan kontrak, dan secepatnya sudah bisa dikerjakan. Total jalan yang akan dikerjakan itu 11,145 kilometer, dengan lebar jalan 27 meter untuk dua arah. Sama seperti untuk tahap awal,” ucap Abdul Rahim saat ditemui awak media di kantornya, Rabu (29/7/2020).

Ia menjelaskan, tanda tangan kontrak antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra dengan pihak kontraktor, sejatinya bakal dilaksanakan pada Maret atau April 2020. Akan tetapi, sejumlah kendala teknis dan administrasi serta adanya Covid-19, menjadi alasan utama terlambatnya proses tanda tangan kontrak.

“Semoga akhir tahun ini bisa tercapai, pengerjaan tahap dua bisa diselesaikan dan selanjutnya kita bisa laksanakan tahap tiga di tahun depan. Kalau untuk pembebasan lahan milik warga, alhamdulillah kita sudah lakukan sosialisasi dan mendapat respon baik dari masyarakat,” ujarnya.

Selain pengerjaan jalan, Abdul Rahim menjelaskan, untuk tahap dua kemungkinan juga akan dilakukan pengerjaan sejumlah jembatan penghubung jalan wisata Kendari-Toronipa. Namun begitu, ia belum dapat memastikan hal tersebut.

“Tapi nanti kita akan diskusikan dengan pihak kontraktor, untuk melaksanakan kegiatan prioritas yang akan dilakukan. Konsultan pengawas juga sudah siap dan kita juga kontrak dengan mereka,” tutupnya.

Untuk diketahui, tahap awal pengerjaan jalan wisata Kendari-Toronipa telah dibangun sepanjang 3,4 kilometer dengan lebar jalan 27 meter yang dibagi menjadi empat lajur. Lajur utama itu dibagi jadi masing-masing 8 meter, lalu di sisi jalan ada untuk lajur pengendara sepeda motor selebar 2 meter. Ada juga untuk lajur pejalan kaki dan taman selebar 2,50 meter.

Pada awal tahap pengerjaan jalan tersebut, Pemerintah Provinsi Sultra mengucurkan anggaran senilai Rp144 miliar yang bersumber dari APBD Provinsi Sultra. (B)

 


Reporter: Randi Ardiansyah
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib