Honda

Tahun Ini Calon Jemaah Haji Baubau Berkurang

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Baubau Rahmat Ngkaali
Rahmat Ngkaali

ZONASULTRA.COM, BAUBAU – Kuota Calon Jemaah Haji (CJH) di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk musim haji 2019 lebih kecil dibandingkan tahun 2018. Tahun ini, CJH di Kota Baubau ada 173 orang, sementara 2018 sebanyak 177 orang.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Baubau Rahmat Ngkaali mengatakan, kurangnya CJH 2019 lantaran banyak yang mengundurkan diri. Ada juga jemaah yang meninggal.

“Sebenarnya kuota CJH kita itu banyak, sekitar 200 orang lebih. Hanya ada sebagian mengundurkan diri, ada juga yang meninggal,” terang Rahmat saat ditemui, Kamis (4/7/2019).

iklan zonasultra

Baca Juga : Ada Peningkatan, Calon Haji dari Sultra Mencapai 2.341 Orang

Rahmat memastikan jumlah 173 CJH itu sudah final. Hal ini berdasarkan pengalaman di tahun sebelumnya. CJH akan berkurang jika ada yang meninggal.

CJH Kota Baubau bergabung di kloter 25 dan akan berangkat dari Kota Makassar menuju Arab Saudi pada 24 Juli nanti. Dokumen-dokumen keimigrasian sendiri sudah dilengkapi, termasuk visa.

“Karena itu kita di Baubau upayakan (CJH) tanggal 22 sampai 23 Juli sudah di Makassar,” kata Rahmat.

CJH Kota Baubau sendiri relatif merata untuk tiap profesi. Mulai dari wiraswasta, petani hingga pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Baca Juga : Jemaah Calon Haji Asal Kolaka Didominasi Oleh Petani

Para CJH, kata Rahmat, saat ini sudah menjalani manasik haji tingkat kecamatan. Lepas itu, akan ada pertemuan ketua rombongan CJH se-Sulawesi Tengara. Lalu manasik tingkat kota sekali lagi sebelum berangkat ke Arab Saudi.

“Kami saat ini sudah mempersiapkan seluruh fasilitas yang bisa diperbantukan dari pemerintah. Harapannya, agar semua CJH bisa khusyuk menjalankan ibadah nanti,” ujarnya. (b)

 


Penulis: M6
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib