iklan zonasultra

Tahun Ini Pemda Mubar Dapat Bantuan Bedah Rumah 250 Unit

ilustrasi bedah rumah
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, LAWORO – Pemerintah Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun ini mendapatkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) sebanyak 250 unit yang bersumber dari APBN maupun APBD Sultra.

Kepala Bidang (Kabid) Perumahan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Mubar, Alwi mengatakan, 250 unit ini terdiri atas 200 unit dari APBN dan 50 unit dari APBD.

“Alhamdulillah tahun ini kita mendapatkan bantuan bedah rumah 250 unit, yang bersumber dari APBN dan APBD. Anggaran dari APBN itu sebesar Rp3,5 miliar, sedangkan APBD sebesar Rp1 miliar,” kata Alwi saat dihubungi, Kamis (22/8/2019).

iklan zonasultra

Baca Juga : Anggaran Bantuan Bedah Rumah di Sultra Naik Jadi Rp20 Juta

Alwi menjelaskan, BSPS yang bersumber dari APBN ini tersebar di sembilan desa dan terbagi dalam dua tahap. Tahap pertama yakni Desa Pajala, Desa Abadi Jaya, Desa Langku-langku, dan Kelurahan Waumere. Sedangkan tahap kedua yakni Desa Kasimpa Jaya, Desa Suka Damai, Desa Latompe, dan Kelurahan Wamelai.

“Untuk tahap pertama BSPS itu ada empat desa dan masing-masing desa mendapat 25 unit. Sedangkan tahap kedua itu ada lima desa dan masing-masing desa 20 unit. Besaran dana yang akan diterima sebesar Rp17,5 juta,” jelasnya.

Alwi merinci, dari dana Rp17,5 juta ini, sebanyak Rp15 juta untuk belanja bahan dan Rp2,5 juta untuk upah tukang.

Baca Juga : Disdukcapil Mubar Terima 500 Blangko KTP-el

Dia menambahkan, BSPS yang bersumber dari APBD Sultra tahun 2019 ini tersebar di lima desa, dan masing-masing desa 10 unit. Adapun lima desa yang mendapatkan bantuan tersebut yakni Desa Nihi, Desa Kampobalano, Desa Latompe, Desa Konawe, dan Desa Katobu. Anggaran tiap rumah yakni Rp20 juta.

“BSPS ini sementara proses pekerjaan dari bulan Juni lalu dan berakhir atau tuntas pekerjaannya sampai Oktober,” kata Alwi. (b)

 


Kontributor : Kasman
Editor : Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib