iklan zonasultra

Tak Bisa Umrah, Perpanjangan Visa Jemaah Tak Dikenai Biaya

Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi
Fachrul Razi

ZONASULTRA.COM, JAKARTA – Jemaah Indonesia yang tidak dapat menjalankan umrah lantaran kebijkan Pemerintah Arab Saudi menangguhkan sementara perjalanan umrah atau ziarah ke tanah suci untuk beberapa negara, dapat melakukan perpanjangan visa secara gratis. Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi.

“Sudah ada jaminan dari Saudi untuk perpanjangan visa tanpa biaya,” kata Fachrul di Kantor Kemenang, Kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (2/3/2020).

Fachrul mengaku kebijakan ini telah disepakati oleh agen perjalanan untuk tidak membebankan biaya tambahan kepada jemaah. Ia juga belum bisa memastikan kapan penangguhan ibadah umrah dicabut oleh Pemerintah Saudi.

iklan zonasultra

Kendati demikian, Fachrul mengatakan proses persiapan ibadah haji masih tetap berjalan. Pihaknya berharap penangguhan ini tidak sampai mengganggu tahapan ibadah haji.

(Baca Juga : Dampak Corona, 120 Jemaah Umrah Sultra Batal Berangkat)

Ia berharap permasalahan jemaah umrah yang tak bisa berangkat ke tanah suci itu tidak akan berdampak sampai ibadah haji nanti.

“Persiapan haji selama ini terus saja, mudah-mudahan enggak ada perubahan,” kata dia.

Seperti diketahui, penangguhan perjalanan umrah dan kunjungan ke tanah suci tidak diperkenankan sementara waktu menyusul meningkatnya penyebaran virus corona. Akibatnya, sekitar 120 jemaah umrah asal Sulawesi Tenggara (Sultra) yang dijadwalkan berangkat 5 Maret 2020 mendatang terpaksa harus dibatalkan. (A)

 


Reporter: Rizki Arifiani
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib