iklan zonasultra

Tak Masuk Unsur Pimpinan, PDIP Justru Tambah Kursi di DPRD Kota Kendari

Ketua Fraksi Partai PDI Perjuangan DPRD Kota Kendari, La Ode Lawama
La Ode Lawama

ZONASULTRA.COM,KENDARI– Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berhasil memperoleh 5 kursi, berdasarkan hasil rapat pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari, Senin (22/7/2019) perihal penetapan anggota DPRD Kota Kendari yang terpilih periode 2019-2024.

Periode sebelumnya, partai berlambang poncong putih itu meraih 4 kursi saja. Dengan jumlah kursi tersebut PDIP tidak dapat menjadi unsur pimpinan legislatif lima tahun kedepan.

Ketua Fraksi Partai PDI Perjuangan DPRD Kota Kendari, La Ode Lawama mengungkapkan, apapun hasil yang diperoleh PDIP Kota Kendari dalam ajang Pemilu serentak April 2019 lalu merupakan hasil kerjasama semua unsur partai untuk berjuang meraih suara dan kursi sebanyak-banyaknya. Akan tetapi, menurut Lawama, Pemilu adalah bagaian dari pertandingan sehingga menang atau kalah adalah resiko yang harus diterima.

iklan zonasultra

Ia pun mengakui, apapun hasil yang didapatkan partainya itu di DPRD Kota Kendari harus diterima dengan baik, dengan lapang dada serta mensyukurinya.

“Ini adalah realitas politik dan harus diterima, karena sudah berlalu. Ya harus legowo lah dengan apa yang kita dapatkan, tapi kita nambah bisa nambah satu kursi itu satu kesyukuran, sebelumnya cuman 4. Kita 5 kursi tapi kalah suara dan suara kita menurun di Pilkada ini,” ungkap Lawama saat ditemui di Kantor DPRD Kota Kendari, Selasa (23/7/2019).

(Baca Juga : Tak Diusulkan, Peluang Lukman Abunawas Jadi Ketua DPD PDIP Sultra Tetap Terbuka)

Lawama pun menyebutkan, raihan lima kursi ini juga menjadi bukti jika PDIP mampu bersaing dengan partai besar lainnya yang ada di Kota Kendari. Dan ia pun berharap di Pilkada selanjutnya PDIP bisa menjadi pemenang pada Pilwali 2024 mendatang.

KPU secara sah menetapkan perolehan kursi DPRD Kota Kendari yakni PKS 7 Kursi, Golkar 5 Kursi, PDIP 5 Kursi, PAN 5 Kursi, NasDem 4 Kursi, Gerindra 4 Kursi, Demokrat 2 Kursi, Perindo 2 Kursi dan PKB 1 Kursi.

(Baca Juga : Pilkada 2020, Agus Sana’a: PDIP Belum Tentu Usung Rusman dan Abu Hasan)

Untuk diketahui, 4 kursi PDIP periode 2014-2019 diduduki oleh Henny Handayani Latjinta, Laode Lawama, Laode Umar Bonte dan Amarullah. Amarullah masuk sebagai unsur pimpinan DPRD Kota Kendari sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Kendari.

Sementara itu, 5 kursi PDIP periode 5 tahun kedepan diisi oleh Apriliani Puspitawati, La Ode Lawama, Hetty Purnawati Saranani, Andi Sulolipu, Sulistiwaty Anwar Minton. (a)

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor : Kiki
Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib