Tak Miliki Navigasi, Kapal Penumpang Tabrak Karang di Pulau Bokori

Tak Miliki Navigasi, Kapal Penumpang Tabrak Karang di Pulau Bokori
Amiruddin

ZONASULTRA.COM,KENDARI– Sebuah kapal motor (KM) Sama Subur 07 kandas di perairan Pulau Bokori setelah menabrak karang, Minggu (24/1/2016).

Tak Miliki Navigasi, Kapal Penumpang Tabrak Karang di Pulau Bokori
Amiruddin

Kapal kayu tersebut memuat 71 orang penumpang yang mayoritas warga Tiongkok, 2 ABK dan 1 nahkoda kapal. Para penumpang tersebut hendak pulang menuju Kendari setelah melakukan liburan wisata di Pulua Bokori.

iklan zonasultra

Kepala Badan SAR Nasional Kendari Amiruddin mengungkapkan, ia mengetahui kejadian tersebut setelah menerima informasi salah seorang penumpang, Geroge, pada pukul 18.30 WITA.

“20 menit setelah mendapatkan informasi tersebut, kami menurunkan tim ke lokasi menggunakan RB 210,” kata Amiruddin melalui rekaman wawancara dari humas SAR Kendari.

Ia menjelaskan, proses evakuasi penumpang berlangsung lama karena kapal dari tim SAR tidak dapat merapat ke kapal Sama Subur sehingga pihaknya menggunakan perahu karet untuk proses evakuasi penumpang. Selanjutnya SAR mengantar penumpang tersebut ke pelabuhan perikan.

Semua penumpang berhasil dievakuasi dengan selamat. Proses evakuasi berlangsung dari pukul 19.00-22.30 WITA.

Menurut Amiruddin penyebab utama kandasnya kapal ini karena kapal tersebut tidak memiliki alat navigasi yang berfungsi dengan baik atau karena pada umumnya kapal yang terperangkap di karang disebabkan oleh hal tersebut.

Selain itu, penyebab lain adalah karena jalur keluar masuk ke Pulau Bokori sangat kecil.

 

Penulis : Ilham Surahmin
EditorĀ  : Rustam

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib