Tak Sampai 3 Jam, Dua Gempa Susulan Guncang Kendari

Gempabumi 2,8 SR di Moramo, Guncangannya Terasa di Kendari
GEMPA BUMI - Lokasi gempa bumi tektonik itu berada pada koordinat 4.17 LS –122.63 BT sekitar 23.4 kilometer tenggara Kendari, pada kedalaman 10.2 kilometer. (Foto : Istimewa)

Gempabumi 2,8 SR di Moramo, Guncangannya Terasa di Kendari GEMPA BUMI – Lokasi gempa bumi tektonik yang berada pada koordinat 4.17 LS –122.63 BT sekitar 23.4 kilometer tenggara Kendari, pada kedalaman 10.2 kilometer. (Foto : Istimewa)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Setelah gempa bumi berkekuatan 2,8 skala richter (SR) mengguncang Wilayah Moramo, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Selasa (21/11//2017) sekitar pukul 22.36 WITA, dua gempa bumi susulan dengan kekuatan 2,9 SR kembali mengguncang Kota Kendari dan sekitarnya pada pukul 23.47 WITA dan pukul 00.24 WITA.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari Rosa Amelia mengungkapkan, dua gempa bumi susulan yang mengguncang tersebut berdasarkan analisa BMKG berada pada koordinat 4,17 LS, – 122, 64 BT, sekitar 23.3 KM Tenggara Kendari, pada kedalaman 10 km.

“Gempa bumi susulan ini masih memiliki titik yang sama dengan gempa sebelumnya, yakni di Moramo,” kata Rosa.

Peta tingkat goncangan (Shakemap) BMKG menunjukan dampak gempa bumi berupa goncangan dirasakan di Kendari dalam skala intensitas II SIG-BMKG (II-III MMI).

Berita Terkait : Gempabumi 2,8 SR di Moramo, Guncangannya Terasa di Kendari

“Sebenarnya kekuatan gempanya masih relatif sama, apalagi boleh dibilang gempa bumi ini karena aktivitas sesar dengan magnitudo yang relatif kecil dan juga dipengaruhi faktor peralatan, judulnya tetap gempa bumi susulan,” terang Rosa.

Kedua gempa bumi susulan tersebut dirasakan oleh beberapa orang di lokasi yang berbeda seperti di Kelurahan Gunung Jati, sekitaran Jalan Edi Sabara, dan sekitar Jalan Sao-sao. (B)

 

Reporter: Sri Rahayu
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib