iklan zonasultra

Taman Wisata Alam Keakea, Pilihan Destinasi Saat Libur Akhir Pekan

Taman Wisata Alam Keakea, Pilihan Destinasi Saat Libur Akhir Pekan
Taman Wisata Alam Keakea (Foto Internet)

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Taman Wisata Alam Mangolo atau masyarakat Kolaka menyebutnya Taman Wisata Alam Keakea, di Kelurahan Ulunggolaka, Kecamatan Latambaga, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) bisa menjadi pilihan destinasi Anda saat liburan atau menghabiskan akhir pekan.

Taman wisata yang berjarak 17 kilometer dari ibukota Kabupaten Kolaka ini menyuguhkan pemandangan alam yang menarik bagi pengunjung. Tak hanya itu, pemandangan laut juga bisa dinikmati dari puncaknya.

Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Kolaka Mirdan Athar mengatakan, wisata Keakea terletak dalam kawasan Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Mangolo. Karena masih berada dalam kawasan konservasi yang dilindungi, sehingga pemandangan alamnya masih sangat terpelihara kelestarian dan keasriannya.

iklan zonasultra

(Baca Juga : Dispar Kolaka Promosikan Tamborasi dan Taman Wisata Alam Kea-Kea)

Wisata ini juga menyuguhkan aliran sungai yang masih alami dengan batu-batu besar. Kemudian, terdapat Air Terjun Tiku Wuara’u kurang tingginya sekitar 50-60 meter.

Kepala bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Kolaka, Mirdan Athar
Mirdan Athar

“Sumber air ini menjadi penyumbang PDAM di Kolaka,” kata Mirdan di kantornya, Rabu (27/3/2019).

Mirdan mengungkapkan daerah tersebut juga dikenal sebagai desa penghasil durian dan langsat. Sehingga ke depan pemerintah daerah bisa mengembangkan wisata ini sebagai wisata agro.

Selain menyuguhkan pemandangan alam yang masih alami, pemerintah daerah menyediakan beberapa spot buatan seperti flying fox, gazebo, cottage, pendopo, tempat bermain, dan masih banyak spot buatan lainnya.

“Kita juga sudah sediakan tempat ibadah, termasuk toilet. Agar pengunjung bisa berwisata dengan nyaman. Akses jalan ke lokasi sudah di aspal persis sampai di daerah wisata,” kata Mirdan.

Dinas Pariwisata pun terus melakukan pengembangan dengan menggunakan dana APBD. Selain penggunaan anggaran dari pemda, pengembangan wisata juga dibangun kerjasama lintas sektoral. Seperti melibatkan beberapa perusahaan swasta dan perusahaan negara untuk menunjang penyediaan beberapa fasilitas.

“Jadi kita berupaya mengembangkan wisata di Keakea bekerjasama dengan stakeholder lainnya,” tambahnya.

Olehnya itu, jaraknya yang tidak begitu jauh dari pusat ibukota bisa menjadi alternatif yang paling mudah dan cepat ketika mengajak tamu yang datang ke Kolaka untuk menikmati wisata di kabupaten tersebut. (a)

 


Kontributor : Sitti Nurmalasari
Editor : Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib