iklan zonasultra

Target Pendaftar Terpenuhi, Timsel Bawaslu Tutup Pendaftaran Sore Ini

Ketua Tim Seleksi Bawaslu Sultra, Musyida Arifin
Musyida Arifin

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Hingga Rabu (21/2/2018) siang, pendaftar calon anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) di Sekretariat Tim Seleksi (Timsel) Bawaslu sebanyak 45 orang.

Angka itu telah melebihi target tim penyeleksi, yakni minimal 30 orang. Dengan demikian, Timsel akan menutup pendaftaran di Sekretariat Timsel Bawaslu pukul 16.00 Wita, sore ini.

“Kita butuh enam kali kebutuhan. Karena kita butuh lima untuk dipilih, jadi enam kali lima itu 30 orang,” kata Ketua Tim Seleksi Bawaslu Sultra, Musyida Arifin di Sekretariat Timsel Bawaslu.

Lanjutnya, pendaftar didominasi kalangan akademisi dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Selain itu, ada pula incumbent yang kembali mendaftar, termasuk Ketua Bawaslu, Hamiruddin Udu.

“Mantan penyelenggara juga banyak. Ada incumbent bawaslu kota, bawaslu provinsi juga ada. Dari KPU juga ada yang mendaftar,” tambah Musyida Arifin.

Setelah dinyatakan lulus berkas, peserta akan mengikuti Computer Assisted Test (CAT). “Dalam CAT itu sudah sepaket dengan psiko tes. Jadi kalau lolos, maka akan lanjut ke tes wawancara,” ucap Musyida.

Musyida memastikan akan ada pendaftar yang gugur dalam seleksi berkas. Pasalnya, usia pendaftar tersebut belum mencapai batas usia minimal yang telah ditetapkan oleh timsel, yakni 35 tahun.

“Dalam pedoman itu sudah ada aturan yang ditetapkan. Misalnya usia minimal 35 tahun. Kemampuan menulis juga menjadi penilaian untuk seleksi berkas,” jelas Musyida. (B)

 


Reporter: Lukman Budianto
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib