iklan zonasultra

Teaterikal Perjuangan Warnai Peringatan HUT RI di Konsel

Teaterikal Perjuangan Warnai Peringatan HUT RI di Konsel
HUT RI - Masyarakat Andoolo saat menampilkan teaterikal bertema sejarah perjuangan kemerdekaan RI di puncak peringatan detik detik Proklamasi HUT RI yang Ke-73. Jumat (17/8/2018). (ERIK ARI PRABOWO/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM,ANDOOLO-Upacara peringatan HUT RI ke 73 di Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra), tak lagi terasa monoton, seperti biasa. Khusus tahun 2018 ini, ada suasana heroik yang terlihat di Lapangan Andoolo, sesaat setelah sang merah putih berkibar. Ada aksi teaterikal dengan meniru karakter pahlawan nasional, yang ditampilkan.

Pentas ini menapaktilasi perjuangan para pahlawan merebut kemerdekaan RI dari Jenderal Soedirman, Jenderal Soekarno, Bung Tomo dan pejuang bangsa lainnya. Diorama ini mengundang decak kagum semua tetamu yang hadir di upacara HUT RI, tak kecuali Bupati dan Wakil Bupati Konsel, Surunuddin Dangga dan Arsalim.

Iklan Zonasultra

Setelah ditelusuri, aksi ini adalah kreasi kelompok masyarakat dari Kecamatan Andoolo. “Saya bangga, ini jadi warna baru di HUT RI. Aksi mereka lengkap dengan sinopsis cerita, bisa memberi nilai edukasi kepada seluruh penonton yang hadir, apa lagi upacara kita dihadiri oleh banyak pelajar, ini tentu sangat penting,” kagum, Surunuddin Dangga, Bupati Konsel.

Diorama bertema perjuangan merebut kemerdekaan ini diperankan berbagai kelompok usia. Dari anak-anak, remaja hingga orang tua, pria maupun wanita. Agar terlihat sempurna, property dibuat semirip mungkin dengan masa-masa perjuangan. Dari kendaraan, pakaian termasuk senjata.

Teaterikal Perjuangan Warnai Peringatan HUT RI di Konsel Mereka memperagakan aksi pasukan pejuang Indonesia dalam melawan penjajah merebut tawanan warga yang disandra oleh tentara belanda dengan menggunakan bambu runcing, tombak, arit dan senjata tajam lainya, yang diakhiri pembacaan teks Proklamasi.

“Ini kreatifitas pengurus karang taruna Kecamatan Andoolo,” kata Omar Kaemudin Haris, Camat Andoolo, usai peringatan detik detik upacara peringatan HUT RI digelar. Omar mengatakan, teatrikal ini sebelumnya tidak direncanakan untuk pentas di HUT RI tingkat kabupaten, karena hanya sempat tampil di pembukaan Porseni tingkat kecamatan.

“Tapi saat itu Pak Wakil (Wakil Bupati) hadir dan terpikat melihat ini. makanya kita diminta untuk mengisi aksi tatrikal di upacara HUT RI hari ini,” jelasnya. Begitu diberi amanah, semua warga Andoolo, yang dimotori karang taruna bekerja keras menyiapkan diri untuk tampil maksimal. Dan hasilnya benar-benar mengundang aplaus.(B)

 


Reporter : Erik Ari Prabowo
Editor : Abdi MR

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib