iklan zonasultra

Tekan Laju Pertumbuhan Penduduk, BKKBN Buton Gratiskan KB

Tekan Laju Pertumbuhan Penduduk, BKKBN Buton Gratiskan KB
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, PASARWAJO – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) terus gencar melakukan sosialisasi KB untuk menekan laju pertumbuhan penduduk di daerah itu.

Tekan Laju Pertumbuhan Penduduk, BKKBN Buton Gratiskan KB
Ilustrasi

Kepala BKKBN Kabupaten Buton, Nasbah mengatakan, dalam menekan laju pertumbuhan penduduk, pihaknya gencar melakukan sosialisasi penggunaan alat kontrasepsi dan menunda usia kehamilan. Bahkan pihaknya juga melakukan program KB gratis sehingga masyarakat tidak perlu membayar jika ingin mengikuti program KB.

“Alat kontrasepsi yang paling banyak digunakan di Kabupaten Buton adalah KB suntik,” kata Nasbah ditemui di ruang kerjanya, Rabu (20/1/2016).

Nasbah menambahkan, saat ini BKKBN Buton juga tengah mencanangkan program KHIBA (Kelangsungan Hidup Ibu dan Anak). Selain memantau pertumbuhan ibu hamil, bayi dan balita, program ini juga memantau kemampuan intelektual anak (IQ).

“Kita berharap generasi penerus adalah manusia yang memiliki kualitas sehingga akan menjadi generasi yang cerdas,” ujar dia.

Menurut Nasbah, pada tahun 2015 lalu Kabupaten Buton mendapatkan apresiasi dari pemerintah provinsi karena berhasil menekan laju pertumbuhan penduduk hingga 2,1 persen.

Dalam menjalankan fungsinya, BKKBN Buton dibantu para kader yang ada di tingkat kecamatan dan desa.

 

Penulis: Mulyadi
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib