iklan zonasultra

Telkom Pastikan Jaringan se-Indonesia Timur Sudah Normal

General Manager (GM) PT Telkom Wilayah Sultra Alimuddin
Alimuddin

ZONASULTRA.COM, KENDARI – PT Telkom memastikan bahwa jaringan telekomunikasi di seluruh wilayah Indonesia Timur sudah kembali normal pasca perbaikan kabel fiber optik yang terputus di Makassar dan Takallar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sabtu (12/10/2019) kemarin.

General Manager (GM) PT Telkom Wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) Alimuddin mengatakan bahwa perbaikan yang dilakukan sudah bersifat permanen, artinya jaringan Telkom sudah pulih 100 persen.

Baca Juga : Kabel Fiber Optik Telkom Putus, Jaringan se-Indonesia Timur Bermasalah

iklan zonasultra

“Alhamduliah perbaikan semalam sudah bersifat permanen, bukan lagi perbaikan sementara,” katanya, Minggu (13/10/2019) pagi melalui pesan WhatsApp.

Ia menjelaskan bahwa kejadian putusnya kabel fiber optik untuk Indonesia Global Gateway (IGG) tersebut terjadi sekitar pukul 15.30 Wita.

Dikutip dari Indotelko.com dijelaskan bahwa IGG merupakan sebuah sistem kabel optik bawah laut yang menghubungkan pulau Sumatera, Batam, Jawa, Bali, Kalimantan dan Sulawesi dengan Singapura. Di antaranya menghubungkan kota-kota besar di Indonesia seperti Dumai, Batam, Jakarta, Madura, Bali, Makassar, Balikpapan, Takaran dan Manado, dengan Singapura dan Amerika.

Penyebabnya karena adanya pengerjaan jalan dan alat berat yang digunakan menyebabkan kabel fiber optik putus sehingga berdampak pada seluruh Kawasan Indonesia Timur (KTI).

Akibat kejadian itu jaringan provider Telkomsel pun ikut terdampak. General Manager External Corporate Communications Telkomsel Aldin Hasyim melalui pernyataan resminya mengatakan dengan terputusnya jaringan fiber optik di dua titik jalur darat yaitu di wilayah Makassar dan Takalar, telah berimbas pada penurunan kualitas layanan data/internet di sejumlah wilayah Sulawesi, Papua Maluku dan Kalimantan.

Baca Juga : Kenali by.U dari Telkomsel untuk Generasi Z Indonesia

Sedangkan untuk layanan telpon dan SMS di seluruh wilayah tersebut tetap berfungsi normal dan dapat dinikmati pelanggan.

“Kami berterima kasih atas kepercayaan dan kesetiaan pelanggan untuk tetap menggunakan layanan Telkomsel,” ungkapnya, Sabtu (12/10/2019) malam.

Sekitar pukul 22.30 Wita layanan jaringan telekomunikasi sudah kembali normal. Sehingga dengan kejadian ini, Telkom menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan pelanggan khususnya yang terdampak atas penurunan kualitas layanan ini.

Telkom berkomitmen memberikan yang terbaik bagi pelanggan dengan berupaya menjaga kualitas layanan dan memprioritaskan pemenuhan kebutuhan pelanggan serta masyarakat secara umum. (A)

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib