Honda

Telkomsel Pasang CCTV Live 24 Jam di Pantai Kamali Baubau

Telkomsel Pasang CCTV Live 24 Jam di Pantai Kamali Baubau
CCTV TELKOMSEL - PT Telkomsel telah memasang CCTV Live 24 jam di Pantai Kamali, Baubau. CCTV ini akan terpasang hingga H+7 lebaran Idul Fitri. (SCREENSHOOT LIVE)

ZONASULTRA.COM, KENDARIPT Telkomsel area Papua, Maluku, Sulawesi dan Kalimantan (Pamasuka) memasang CCTV live monitoring 24 jam di Pantai Kamali, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) sejak Kamis (16/5/2019) hingga H+7 Idulfitri.

Vice President ICT Network Management Telkomsel Area Pamasuka Samuel Pasaribu melalui keterangan tertulis mengatakan, pihaknya sudah mulai meng-onair-kan Internet Of Things (IoT) di Makassar dan Balikpapan melalui pemasangan beberapa CCTV yang ditempatkan di Pelabuhan Semayang Balikpapan dan Masjid Al Markas Al Islami Makassar.

Namun bukan hanya di dua titik tersebut, pemasangan CCTV dengan menggunakan jaringan 4G Telkomsel itu telah dihadirkan di Kota Ternate, Baubau, Gorontalo, Palu, Parepare, dan Samarinda.

iklan zonasultra

Samuel menambahkan, kenyamanan pelanggan Telkomsel di wilayah Pamasuka dalam berkomunikasi di periode ramadan dan Idulfitri 2019 didukung sekitar 44.285 BTS di seluruh wilayah Pamasuka, termasuk sekitar 14.800 BTS 4G untuk memaksimalkan penggunaan layanan data.

Baca Juga : Trafik Paket Data Telkomsel di Sultra Diprediksi Meningkat

Terlebih lagi dengan penataan ulang pita frekuensi (refarming) 800 dan 900 Mhz yang menjadikan pita frekuensi radio yang berdampingan (contiguous), sehingga Telkomsel dapat lebih leluasa dan fleksibel meningkatkan teknologi seluler yang diimplementasikan.

“Hal ini membuka peluang lebih besar bagi masyarakat yang belum dapat menikmati 4G menjadi menikmati layanan broadband bagus dan berkualitas,” tutup Samuel Pasaribu.

Untuk mengoptimalkan kualitas layanan data kepada pelanggannya, Telkomsel area Pamasuka juga telah mengembangkan kapabilitas teknologi LTE Advanced Pro atau 4,9G di beberapa titik di wilayah Pamasuka, di antaranya di daerah Pasar Segar Makassar dan di sekitar Fave Hotel Banjarmasin.

Teknologi LTE Advanced Pro atau 4,9G tersebut diterapkan oleh Telkomsel dengan menggunakan teknologi Massive MIMO yang dapat memberikan kapasitas laynanan data lebih besar, pengguna lebih banyak dan customer experience yang konsisten.

Sementara Manager Network Telkomsel Kendari LM Ramadhan menjelaskan, tidak ada tujuan spesifik pemasang CCTV tesebut. Pantai Kamali dipilih karena lokasi ini dinilai salah satu titik yang paling ramai.

CCTV ini tidak ada hubungannya dengan optimalisasi jaringan. Pemasangannya hanya sebagai informasi ke masyarakat agar masyarakat dapat melihat kondisi live di sekitaran Pantai Kamali dan Pelabuhan Murhum dari mana dan kapan saja.

“Streamingnya dapat dilihat di channel YouTube Telkomsel,” ungkap Ramadan saat dikonfirmasi, Jumat (17/5/2019).

CCTV ini juga dapat membantu pihak kepolisian, pemda setempat ataupun pihak lain yang berkepentingan perihal pemantaun kepadatan kawasan Pantai Kamali dan Baubau. (b)

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib