iklan zonasultra

Telkomsel Sediakan Layanan Internet Mahasiswa IAIN Kendari

IAIN Kendari
IAIN Kendari

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari menjalin kerja sama dengan PT Telkomsel dalam rangka menyediakan layanan internet bagi mahasiswa selama kebijakan pembelajaran online dilaksanakan.

Melalui siaran pers, Rektor IAIN Kendari Faizah Binti Awad mengatakan, pandemi Covid-19 telah menyebabkan perkuliahan dengan metode tatap muka dialihkan menjadi perkuliahan berbasis online. Kebijakan ini diambil sebagai langkah mitigasi penyebaran virus di lingkungan kampus.

Iklan Zonasultra

“Sejak perkuliahan online dilaksanakan, kami telah mengajukan permohonan kerja sama dengan PT Telkom untuk mendapatkan bantuan layananan internet gratis bagi mahasiswa sebab kami menyadari bahwa kebutuhan kuota internet ini akan meningkat selama proses pembelajaran online berlangsung,” ungkap Rektor.

Kepala TIPD IAIN Kendari, Ibrahim juga menyebutkan, permohonan layanan internet gratis untuk kebutuhan akses aplikasi edukasi belum disahuti karena keterbatasan kuota yang disiapkan oleh PT Telkomsel, anak perusahaan PT Telkom.

“Menurut informasi dari pihak PT Telkom, IAIN Kendari masih masuk dalam daftar antrian bersama ribuan kampus lainnya yang juga membutuhkan layanan dimaksud,” jelasnya.

IAIN Kendari kemudian memutuskan untuk menggunakan layanan berbayar setelah diterbitkannya Surat Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan Nomor S-308/PB/2020 tanggal 9 April 2020 tentang Penegasan Biaya/Belanja yang Dapat Dibebankan pada DIPA Satker. Surat tersebut membuka peluang penggunaan dana DIPA untuk pembayaran langganan paket internet.

“Oleh karena itu kami mengambil inisiatif untuk bekerja sama dengan pihak PT Telkomsel untuk menyediakan layanan paket internet bagi mahasiswa. Mudah-mudahan proses administrasinya bisa diselesaikan secepatnya agar layanan ini segera didistribusikan,” tambah Ibrahim.

Sementara itu, Account Manager PT Telkomsel Cabang Kendari, Raditya Ramadhan menjelaskan, pihaknya telah meluncurkan layanan paket internet khusus diperuntukkan bagi lembaga pendidikan tinggi selama pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Layanan ini dibuka hingga 23 Juni 2020 mendatang.

“Layanan Special Bulk Package for Education targetnya adalah mahasiswa. Kami menyediakan layanan ini sebagai bentuk dukungan Telkomsel terhadap keberlanjutan aktivitas pendidikan yang mengalami perubahan besar akibat pandemi Covid-19. Untuk di Sultra, IAIN Kendari adalah kampus pertama yang memanfaatkan layanan paket edukasi, kampus lain belum ada,” tambahnya.

Menurut Raditya, paket edukasi tersebut memberikan kemudahan akses data bagi mahasiswa pada aplikasi pembelajaran antara lain aplikasi e-learning dan beberapa sumber referensi lainnya. Paket spesial itu berlaku selama 60 hari sejak tanggal kontrak dimulai dengan kapasitas sebanyak 31,5 terabyte.

Saat ini, proses kerja sama IAIN Kendari dengan PT Telkomsel telah memasuki tahap terakhir yaitu pemenuhan kelengkapan administrasi yang diperlukan untuk pencairan anggaran. Targetnya, layanan paket internet bagi mahasiswa dapat dioperasikan paling lambat akhir April mendatang.

Pihak kampus akan mendistribusikan layanan internet bagi mahasiswa berdasarkan daftar nomor handphone yang tersedia pada kolom biodata mahasiswa di laman website www.sia.iainkendari.ac.id. Untuk itu mahasiswa diminta melakukan validasi data nomor handphone agar memudahkan dalam pendistribusian layanan tersebut. (B)

 


Penulis: M1
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib