iklan zonasultra

Temui Kepala BNPB, Ruksamin Laporkan Penanganan Bencana di Konut

Temui Kepala BNPB, Ruksamin Laporkan Penanganan Bencana di Konut
PENANGANAN BENCANA - Bupati Konut Ruksamin saat melaporkan hasil kerja penanganan bencana banjir, Covid-19, gelombang tinggi, dan abrasi pantai kepada Kepala BNPB RI, Doni Monardo bertempat di Graha BNPB, Senin (10/8/2020).(Foto: Istimewa)

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Bupati Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) Ruksamin melaporkan empat aksi penanganan bencana yang melanda Konut ke Badan Nasional Penanggulangan Bencanan (BNPB) RI.

Ruksamin ditemui langsung oleh Kepala BNPB, Doni Monardo beserta stafnya di Graha BNPB RI di Jakarta, Senin (10/8/2020).

Dalam pertemuan itu, Ruksamin memaparkan tiap item realisasi penanggulangan bencana yang terjadi di Bumi Oheo seperti banjir, Covid-19, gelombang tinggi, dan abrasi.

Untuk Covid-19, Ruksamin melaporkan penanganan masih terus berlangsung. Bahkan pengawasannya ditingkatkan di seluruh pelosok desa dengan mendirikan posko pengamanan untuk menetralisir warga yang keluar masuk wilayah.

Selain itu, penerapan protokol kesehatan juga terus disosialisasikan ke seluruh elemen masyarakat. Serta, menyiagakan tim Gugus Tugas Covid-19 Konut terpadu dan posko utama sebagai sumber informasi.

“Untuk penanganan banjir yang melanda sebanyak dua kali, kami juga telah laporkan seluruh proses pengendaliannya mulai kesiapan tim dari pemda, Basarnas, TNI, kepolisian, medis, relawan dari organisasi masyarakat, evakuasi korban banjir, dan menyiapkan tempat juga bantuannya,” ungkap Ruksamin via telepon selulernya.

Dia menyampaikan, untuk penindakan gelombang tinggi dan abrasi, pihaknya langsung mengeluarkan instruksi siaga bencana kepada warga yang beraktivitas di laut dan tinggal di pesisir pantai. Selain itu, menyusun jadwal pemantuan langsung di lapangan terkait perkembangan situasi untuk memastikan keamanan masyarakat.

“Alhamdulillah, berbagai bencana yang kami atasi dan tangani berjalan maksimal tanpa menimbulkan korban jiwa, meski itu berat dan harus bekerja keras,” kata Ruksamin.

Dia menambahkan, pihaknya juga meminta saran dan petunjuk dari pemerintah pusat agar proses penanganan bencana di Konut berjalan sesuai aturan dan prosedur yang berlaku.

Sementara Kepala BNPB RI, Doni Monardo, kata Ruksamin, mengapresiasi langkah Pemda Konut yang mampu mengatasi berbagai persoalan bencana yang terjadi. Doni berharap kekompakan seluruh tim yang terlibat dan masyarakat senantiasa terjalin agar memberikan hasil kerja yang maksimal. (b)

 


Reporter: Jefri Ipnu
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib