Temukan Nemo dan Lion Fish di Perairan Pulau Saponda Laut

Temukan Nemo dan Lion Fish di Perairan Pulau Saponda Laut
SAPONDA LAUT - Pemandangan bawah air di perairan Pulau Saponda Laut, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe. Terlihat jenis hewan laut seperti ikan nemo dan lion fish dapat ditemukan dengan mudah disini, Minggu (11/2/2018). (ILHAM SURAHMIN/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pulau Saponda Laut menjadi salah satu lokasi wisata bawah air yang wajib Anda kunjungi di akhir pekan. Di lokasi itu Anda dapat melihat gugusan karang yang menjadi rumah Nemo dan Lion Fish.

Kedalaman airnya pun tak cukup dalam hanya sekitar 2 sampai 3 meter, sehingga memudahkan bagi Anda untuk bersnokling ria dengan pemandangan karang serta hewan laut yang memanjakan mata.

Di sini, puluhan ikan Nemo mudah ditemukan dengan tempat tinggal berbeda-beda. Ada warna orange putih dan hitam putih. Namun Anda perlu sedikit berhati-hati karena hewan laut bulu babi cukup banyak di sana. Hewan laut lainnya seperti bintang laut juga dapat Anda temukan.

Tempat ini juga aman untuk bersnorkling karena palung laut cukup jauh dari pesisir sekitar 50 meter. Pasir putih dan air yang jernih menjadi salah satu daya tarik Pulau Saponda Laut.

Bagi Anda yang ingin berkunjung Pulau Saponda Laut, kami sarankan untuk membawa perlengkapan snorkling, kamera bawah air dan sejumlah peralatan lainnya agar hasil jepretan Anda lebih maksimal.

Perairan Sponda Laut (Foto Internet)

Sayangnya, di balik keindahan destinasi itu, pemerintah Konawe belum memanfaatkan potensi wisata bahari ini untuk para wisatawan, karena fasilitas belum memadai. Pulau Saponda Laut sendiri didiami kurang lebih 20 Kepala Keluarga (KK) yang tinggal di rumah panggung dengan mata pencaharian warganya sebagai nelayan.

Pohon pinus adalah tanaman mayoritas di Pulau Saponda Laut. Untuk sampai ke lokasi ini, Anda dapat menyewa kapal masyarakat yang ada di Soropia, Tapulaga dan Sorue. Harga sewa pulang perginya Rp 1,5 juta.

Pulau Saponda Laut berada di Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe. Jarak tempuh kapal untuk menuju ke lokasi kurang lebih 2 jam. (B)

 


Reporter : Ilham Surahmin
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib