iklan zonasultra

Terdakwa Umar Samiun Diperiksa Di Pengadilan Tipikor

Terdakwa Umar Samiun Diperiksa Di Pengadilan Tipikor
PEMERIKSAAN - Bupati Buton terpilih Samsu Umar Abdul Samiun diperiksa sebagai terdakwa di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Rabu (9/8/2017). (Rizki Arifiani/ZONASULTRA.COM)

Terdakwa Umar Samiun Diperiksa Di Pengadilan Tipikor PEMERIKSAAN – Bupati Buton terpilih Samsu Umar Abdul Samiun diperiksa sebagai terdakwa di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Rabu (9/8/2017). (Rizki Arifiani/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, JAKARTA – Bupati Buton terpilih Samsu Umar Abdul Samiun diperiksa sebagai terdakwa di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). Umar samiun diperiksa terkait pemberian suap kepada Akil Mochtar dalam pengurusan sengketa Pilkada Buton 2011/2012 yang berakhir di Mahkamah Konstitusi (MK).

Umar Samiun didakwa memberikan uang sebesar Rp 1 miliar melalui rekening CV Ratu Samagad, perusahaan yang dimiliki istri Akil Mochtar, Ratu Rita Akil.

Hakim ketua Ibnu Basuki Widodo menanyakan seputar proses Pilkada Buton dari pencalonan hingga putusan yang berakhir di MK. Pihaknya juga menanyakan apakah terdakwa mengenal Arbab Paproeka.

“Saya mengenal dia saat bersama-sama di PAN, jadi setelah dia menjadi anggota DPR RI saya sudah kurang komunikasi sama dia yang mulia,” terang Umar Samiun dalam persidangan di Tipikor, Jakarta Pusat, Rabu (23/7/2018).

(Berita Terkait : Sidang Umar Samiun, Hakim Periksa Tiga Saksi Ahli)

Menurut Umar, saat menjadi anggota DPR RI 2004-2009 Arbab kerap membantu Umar dalam melakukan konsolidasi-konsolidasi di partai. Setelah Arbab tidak lagi menjadi anggota DPR, Ia jarang berkomunikasi , hingga akhirnya Arbab muncul lagi melalui Agus Mukmin.

“Agus Mukmin menyampaikan kalau Arbab inging bertemu saudara itu bagaimana?” tanya hakim.

“Pada saat itu kami sedang proses menuju putusan, kami berposko di Juanda. Agus Mukmin menyampaikan bahwa Arbab Paproeka ingin menemui saya tapi saya tolak,” jawab Umar Samiun.

Pada persidangan kali ini hadir juga Plt. Bupati Buton La Bakry menyaksikan persidangan Umar Samiun. Banyak kerabat datang melihat jalannya persidangan hingga memenuhi ruang sidang. (B)

 

Reporter : Rizki Arifiani
Editor : Tahir Ose

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib