iklan zonasultra

Terminal Tipe B Kontunaga Muna Segera Dibangun

ilustrasi terminal
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, RAHA – Rencana Dinas Perhubungan Kabupaten Muna membangun terminal tipe B di Kecamatan Kontunaga telah disetujui oleh Pemerintah Provinsi Sultra.

Kepala Dinas Perhubungan Muna Laode Nifaki mengatakan, usulan pembangunan terminal tipe B ke pemerintah provinsi Sultra sudah final. Rencananya tahun ini akan segera terealisasi.

iklan zonasultra

“Sudah disetujui, rencananya tahun ini akan segera dibangun. Mudah-mudahan tidak ada perubahan lagi,” terangnya, Selasa (22/1/2019).

Nifaki mengaku pihaknya hanya mengusulkan proyek tersebut, dan belum mengetahui besaran dana yang dialokasikan untuk pembangunan terminal tipe B itu. Semua anggaran, kata Nifaki, pemprov yang urus.

Pembangunan terminal tipe B itu rencananya akan dibangun di atas lahan sekitar 2 hektar di Kecamatan Kontunaga. Lokasinya juga sudah ditinjau oleh pemprov. “Termasuk hibah lokasi sudah lengkap. Kita sudah siapkan semua tinggal pembangunan,” katanya.

Sesuai dengan perencanaan, pembangunan terminal tipe B tersebut mampu meminimalisir terminal bayangan yang berhamburan di setiap titik Kota Raha.

Pembangunan terminal ini juga untuk mengganti terminal Laino yang kini kondisinya sudah tidak memadai. Apalagi Laino masih tipe C.

Tingkat mobilitas angkutan umum yang cukup tinggi, Muna dinilai tak memadai lagi dan perlu peningkatan kapasitas. “Nantinya terminal ini menjadi terminal induk. Semua trayek dari dalam hingga luar kota akan bermuara ke Kontunaga,” urainya.

Selain itu, pembangunan terminal tersebut untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Bahkan sebagai langkah menormalkan trayek angkutan kota yang hingga saat ini tak pernah beroperasi. (b)

 


Kontributor: Nasrudin
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib