Ternyata, Begini Cara Kerja WiFi On Board Dalam Pesawat

Ternyata, Begini Cara Kerja WiFi On Board Dalam Pesawat
(Foto : Javier Canada/unsplash.com)

Berkembangnya teknologi internet memang memberikan kemudahan dan juga hiburan selama melakukan perjalanan ke luar kota. Tidak hanya selama perjalanan di darat atau laut. Sekarang terbang dengan pesawat pun bisa menikmati fasilitas WiFi OnBoard yang disediakan oleh maskapai, bahkan dari mereka yang menjual kursi dengan promo tiket pesawat murah sekalipun.

Dulu, jangankan mengakses internet dari udara ketika terbang. Menyalakan ponsel pun tidak diperbolehkan selama perjalanan dan harus menggunakan airplane mode untuk memastikan tidak ada sinyal telepon yang masuk dan bisa mengganggu sistem navigasi. Lalu bagaimana dengan teknologi WiFi OnBoard dalam pesawat? Mengapa diperbolehkan dan seperti apa cara kerjanya?

iklan zonasultra

Dari pada penasaran, simak bareng-bareng yuk.

Antena

Ada dua cara mendapatkan sinyal internet yang bisa dilakukan oleh pesawat. Salah satunya adalah dengan menggunakan antena yang dipasang di badan pesawat, yang bertugas menangkap sinyal dari pemancar yang ada di darat. Sistem ini disebut sebagai Air To Ground (ATG), alias dari udara ke darat.

Sistem ini baru akan dinyalakan oleh maskapai ketika berada di batas ketinggian tertentu. Setelah aba-aba dari pramugari menyebut bahwa WiFi bisa dipergunakan, saat itulah kamu bisa mengakses internet dari ponsel di dalam pesawat.

Namun karena menggunakan antena yang menarik sinyal dari darat, maka sinyal WiFi kamu bakal putus ketika pesawat sedang melintasi lautan atau daerah yang tidak memiliki pemancar. Kecepatannya pun cukup lambat, dan harus bersabar karena masih harus dibagi dengan penumpang lain yang juga menggunakan internet di pesawat.

Satelit

Cara kedua yang sekarang lebih banyak dipakai oleh maskapai adalah dengan menyambungkan koneksi ke satelit. Pesawat akan mendapatkan sinyal dari satelit geotasioner terdekat, yang memancarkan koneksi internet dengan kecepatan yang lebih kencang daripada ATG.

Sinyal ini biasanya baru muncul setelah pesawat berada di ketinggian tertentu yang cukup dekat dengan orbit satelit. Sepanjang di perjalanan ada satelit yang dekat dengan pesawat, sinyal WiFi OnBoard kamu pun juga akan menyala.

Mahal

Baik menggunakan sistem ATG ataupun satelit, harga keduanya sama-sama mahal. Selain biaya berlangganan, maskapai juga harus membayar biaya perawatan antena yang mahal. Karena itulah, harga penerbangan yang menyediakan WiFi OnBoard gratis lebih mahal daripada yang tanpa WiFi. Bahkan ketika ada promo tiket pesawat murah sekalipun, harga tiketnya masih lebih tinggi dari pesawat reguler karena biaya WiFi dimasukkan dalam komponen harga tiket.

Tak Semua Maskapai Punya

Meski WiFi OnBoard sudah cukup lama digunakan oleh beberapa maskapai di seluruh dunia. Namun tidak semua maskapai memiliki fasilitas ini. Dengan harga yang cukup mahal, maskapai-maskapai dengan kelas budget flying tidak semua memberikan fasilitas ini.

Biasanya maskapai memberikan keterangan apakah dalam penerbangan mereka tersedia WiFi OnBoard atau tidak. Jika dalam promo tiket pesawat murah yang kamu cari di https://www.traveloka.com/tiket-pesawat tidak tersedia keterangan tentang WiFi, kamu bisa langsung menanyakannya pada pihak maskapai.

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib