Honda

Tertibkan Angkutan Pedesaan, Dishub Kolaka Terapkan Stiker

Tertibkan Angkutan Pedesaan, Dishub Kolaka Terapkan Stiker
PENERAPAN STIKER - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kolaka menerapkan stiker pada angkutan-angkutan pedesaan. Penerapan stiker bertuliskan angkutan pedesaan tersebut dilakukan di Terminal Mangolo, Kolaka, Kamis (5/9/2019). (Foto Istimewa)

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kolaka menerapkan stiker pada angkutan-angkutan pedesaan. Penerapan stiker bertuliskan angkutan pedesaan tersebut dilakukan di Terminal Mangolo, Kolaka, Kamis (5/9/2019).

Kasi Angkutan Dishub Kolaka, Rumambi mengatakan, penerapan stiker pada angkutan pedesaan kembali dilakukan guna menertibkan kendaraan umum yang ada di wilayah otorita Ahmad Safei itu. Sekiranya hari ini ada sembilan unit kendaraan umum yang dipasangi stiker.

“Mobil yang masuk terminal kita pasangi stiker. Ini juga bisa memudahkan masyarakat agar mereka tahu mobil angkutan umum yang beroperasi,” kata Rumambi.

iklan zonasultra

Kata dia, angkutan yang dipasangi stiker ini merupakan mobil dengan trayek Terminal Mangolo – Terminal Tamborasi. Sebutnya, dishub hanya mengatur trayek tersebut, menjadi urusan internal para supir apakah sampai ke Konaweha, Tosiba, Samaturu, Wolo, dan desa lainnya.

Rumambi menuturkan penerapan stiker ini diberlakukan pada mobil plat kuning. Sementara, mobil angkutan yang masih menggunakan plat hitam sebatas didata saja. Namun, pihaknya tetap memberikan penyampaian kepada sopir agar mengurus izin trayek di Dishub Kolaka.

(Baca Juga : Sepekan Operasi Patuh Anoa Polres Kolaka, 476 Kendaraan Terjaring Razia)

Menurutnya, dengan pemasangan stiker pada kendaraan, Dishub Kolaka bisa memperbaharui data jumlah kendaraan yang memiliki izin trayek yang beroperasi di wilayah Kolaka. Sehingga, yang belum memiliki izin trayek bisa melakukan permohonan izin trayek di Dishub Kolaka.

Penempelan stiker pada kendaraan umum ini juga sekaligus sebagai kegiatan pemeriksaan kendaraan bahwa kendaraan tersebut laik jalan atau beroperasi mengangkut penumpang.

Selain di Terminal Mangolo, kegiatan pemasangan stiker ini juga telah dilakukan sebelumnya di Terminal Sabilambo untuk rute Terminal Sabilambo – Terminal Pomalaa. (b)

 


Kontributor: Sitti Nurmalasari
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib