iklan zonasultra

Tetap Nyaman dan Aman Selama Mudik, Kasat Lantas Polres Kolaka Berbagi Tips

Kasat Lantas Polres Kolaka AKP Kasman
AKP Kasman

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Liburan Lebaran 1440 Hijriah telah tiba, pemudik pun mulai berbondong-bondong untuk pulang ke kampung halaman. Namun, saat melaksanakan mudik, Anda tetap harus berhati-hati dalam perjalanan.

Lalu bagaimana mudik yang nyaman dan aman, Kasat Lantas Polres Kolaka AKP Kasman punya tips untuk Anda. Kata dia, tips pertama bagi pemudik khususnya bagi pengguna roda dua dan roda empat, agar siap orangnya.

Sebelum memulai perjalanan pastikan kondisi tubuh harus dalam keadaan sehat, istirahatnya cukup, dan harus segar. Pemudik mesti memastikan stamina tubuhnya, sehingga dapat menghindari kecelakaan lalu lintas.

Baca Juga : Penumpang Tak Miliki Tiket, KUPP Kolaka Langsung Bertindak

“Kita harus jaga keselamatan sampai di tempat tujuan. Ingat ada yang menunggu di rumah,” ungkap Kasmab ditemui, Sabtu (1/6/2019).

Kedua siap kendaraannya. Ia menganjurkan agar sebelum mudik, pemudik harus memeriksakan terlebih dahulu mesin kendaraannya. Lanjut Kasman, selama berkendara pemudik harus selalu beristirahat di rest area yang tersedia.

Sebab, dikhawatirkan saat melakukan perjalanan jauh semisal perjalanan Kolaka ke Kendari, pemudik bisa saja mengalami kelelahan baik mata dan badan. Kondisi demikian, dapat menyebabkan sesuatu yang tidak diinginkan terjadi di jalanan.

Kasman melanjutkan, agar pemudik memperhatikan situasi dan kondisi jalan pada saat mudik. Bila melalui jalan yang licin berlumut, tikungan, jalan berlubang, ia mengingatkan untuk jangan menambah kecepatan.

Selain tips-tips tersebut, ia juga mengimbau kepada pemudik untuk tetap mematuhi peraturan lalulintas saat melaksanakan mudik. Tidak membawa barang melebihi kapasitas kendaraan. Menggunakan helm, sabuk pengaman, jaket, dan perlengkapan keselamatan lainnya.

“Ini menjadi penting untuk dipatuhi oleh pemudik agar sampai dengan selamat,” pungkasnya. (a)

 


Kontributor : Sitti Nurmalasari
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib