iklan zonasultra

Tetap Waspada, Begini Kondisi Cuaca hingga Mei

Tetap Waspada, Begini Kondisi Cuaca hingga Mei

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi beberapa kemungkinan kondisi cuaca yang akan terjadi di sejumlah wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) hingga bulan Mei 2020 mendatang.

Prakirawan Cuaca Stasiun Meteorologi Maritim Kendari Faisal mengatakan, berdasarkan pantauan dinamika atmosfer yang terjadi untuk wilayah Sultra umumnya pada awal April mengalami peningkatan curah hujan, kategori hujannya menengah curah hujan 51-150 mm/dasarian (per 10 hari).

Kemudian masuk pertengahan April curah hujan akan menurun dan setelah itu di akhir April dan awal Mei mengalami peningkatan curah hujan sampai kategori menengah 51-150 mm/dasarian.

Hal tersebut perlu diwaspadai untuk wilayah Sultra bagian utara seperti Kolaka Utara (Kolut), Kolaka Timur (Koltim) bagian utara, Konawe bagian utara dan Konawe Utara (Konut) curah sepanjang April hingga awal Mei akan diguyur hujan kategori menengah.

Sementara itu, perlu diwaspadai bagi masyarakat bahwa puncak musim hujan di wilayah Kota Kendari, Konawe, Koltim, Konawe Selatan (Konsel) dan Kolaka diprediksi terjadi di bulan Mei.

“Kita harus mewaspadai kondisi ini, untuk beberapa hari ke depan juga berpotensi terjadi pertumbuhan hujan lokal,” ungkap Faisal melalui pesan Whatsapp, Rabu (8/4/2020).

Oleh karena itu, BMKG mengimbau masyarakat tetap waspada dan berhati-hati akibat peningkatan curah hujan dan potensi konveksi skala lokal yang berpotensi terjadi hujan sedang sampai lebat kadang disertai guntur dan angin kencang pada siang dan sore hingga malam hari. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi call center BMKG 08114005929. (A)

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib