iklan zonasultra

Tidak Semua Masjid di Kendari Bisa Gelar Shalat Iduladha

Masjid Al Alam Kendari
Masjid Al-Alam Kendari

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari menyatakan tidak semua masjid di Kota Kendari akan melaksanakan shalat Iduladha pada Jumat (31/7/2020) mendatang.

Kepala Kemenag Kota Kendari, Zainal Mustamin mengatakan, masjid yang diperbolehkan melaksanakan sholat Iduladha hanyalah yang masuk dalam zona hijau dan kuning. Untuk warga yang berdomisili di zona merah dianjurkan shalat di rumah.

Selain itu, kata Zainal, masjid yang masuk dalam zona hijau dan kuning tidak serta merta bisa melaksanakan sholat Id tanpa mematuhi protokol kesehatan covid 19. Setiap masjid diwajibkan menyiapkan sarana prasarana pendukung protokol kesehatan covid 19.

“Kami sudah mengeluarkan surat edaran kepada pengurus masjid yang ada di Kota Kendari. Dalam surat edaran tersebut masjid yang akan melaksanakan sholat id harus menyiapkan segala prasarana pendukung standarisasi protokol covid 19,”jelasnya di ruang kerjanya, Selasa (28/7/2020).

Saat ini jumlah masjid yang siap melaksanakan shalat id, kata Zainal, berikisar 300 masjid. Tetapi jumlah ini masih bisa saja bertambah atau bahkan berkurang jumlahnya. Sebab pihaknya masih akan melakukan pemantauan terhadap perkembangan wabah covid 19.

Untuk sekarang ini, jumlah masyarakat yang positif terpapar covid 19 di Kota Kendari terus bertambah. Jadi dicontohkannya, jika sebuah masjid yang awalnya bisa melaksanakan shalat id karena berada di zona kuning, tiba-tiba tidak bisa melaksanakan sholat id karena masuk kategori zona merah.

“Walaupun awalnya masuk zona kuning, tetapi perkembangannya jelang hari raya iduladha wilayah masjid tersebut masuk zona merah maka tidak diperbolehkan melaksanakan shalat id,”terangnya.

Namun begitu, tambah Zainal, pihaknya berharap jumlah penderita covid 19 di Kota Kendari tidak lagi bertambah, dengan begitu masyarakat dapat melaksanakan shalat id tanpa resah akan terpapar covid 19. (b)

 


Kontributor : M Rasman Saputra
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib