iklan zonasultra

Tiga Bayi Berumur Dua Minggu Harus Terpisah dari Ibunya Gegara Covid-19

Tiga Bayi Berumur Dua Minggu Harus Terpisah dari Ibunya Gegara Covid-19
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, BAUBAU –¬† Tiga bayi berumur sekitar dua minggu harus terpisah dari ibunya. Ibu mereka dikonfirmasi positif Covid-19. Mereka sendiri dilaporkan positif pada 23 Juli Kemarin.

Ketiga ibu itu diketahui terpapar Covid-19 saat sedang memeriksakan diri di RSUD Kota Baubau. Setelah melahirkan anak, hasil swab tiga orang ibu keluar dan dinyatakan positif.

Iklan Zonasultra

Juru bicara (jubir) Gugus Tugas Covid-19 di Kota Baubau, dr Lukman, menjelaskan, karena tiga Ibu itu positif Covid-19, maka mereka dirawat terpisah dengan bayinya. Mereka tidak diperbolehkan menyusui bahkan sekedar menyentuh bayinya.

“Tidak dilakukan rapid lagi ke bayinya. Kami hanya melakukan tindakan melakukan perawatan terpisah antara ibu dan bayi,” terang Lukman ditemui di ruang kerjanya, Rabu (29/7/2020).

Tidak dilakukannya rapid, karena sejak lahir ketiga bayi itu telah dipastikan tidak berkontak fisik dengan ibu mereka.

Jadi sebelum melahirkan sudah dianalisa ada virus dalam tubuh ibunya. Sehingga ketika bersalin dan hasil swab belum keluar, ibu dan bayinya sudah dirawat terpisah.

Alasan lainnya, karena Gugus Tugas Covid-19 memandang bayi tidak mudah terpapar Covid-19. Lukman mengakui hal itu tidak mutlak. Pasalnya, Gugus Tugas Covid-19 di Baubau sudah pernah merawat seorang bayi positif Covid-19.

Untuk diketahui, terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Baubau telah mencapai angka 98 orang. Dimana 36 orang dalam perawatan, 60 orang sembuh, 2 orang meninggal dunia. (b)

 


Kontributor: Risno Mawandili
Editor: Ilham Surahmin

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib