iklan zonasultra

iklan zonasultra

Tiga Daerah di Sultra Diterjang Banjir Bandang

Kepala BNPB Boy Ihwansyah
Boy Ihwansyah

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Tiga daerah di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) diterjang banjir. Tiga daerah tersebut yakni Kabupaten Buton Utara, Kabupaten Konawe Selatan dan Kota Kendari.

Terjangan banjir tersebut dikarenakan selama 5 hari ini hujan terus mengguyur hampir diseluruh wilayah Sultra.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) provinsi Boy Ihwansyah mengatakan pihaknya menerima laporan jika 5 wilayah di Sultra terendam banjir. Untuk Kota Kendari terdapat dua titik banjir yakni wilayah Andonohu dan Kambu. Di Lepo-lepo Kambu ada sekitar 75 rumah terendam banjir. Ketinggian air di daerah ini mencapai perut orang dewasa. Adapun Kabupaten Konawe Selatan yang merupakan daerah tetangga Kota Kendari juga terdapat dua titik banjir yakni wilayah Moramo dan Lainea.

(Berita Terkait : Sungai Wanggu Meluap, 75 Rumah Warga Terendam Banjir)

“Pantauan sementara wilayah Andonohu dan Lepo-lepo tepatnya di Wanggu merupakan titik terparah,” terang Boy yang dikonfirmasi saat berada di lokasi banjir di wilayah Wanggu.

Lanjut Boy pihaknya saat ini sudah berkoordinasi dengan sejumlah daerah meminta agar memantau banjir dan menghimbau warga yang bermukim di bantaran kali dan pesisir pantai mulai waspada.

Pihaknya juga menurut Boy sudah berkoordinasi dengan sejumlah instansi seperti SAR, Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan untuk melakukan tanggap darurat dengan mendirikan dapur umum.

 


Penulis Tahir Ose

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib