Honda

Tiga Daerah Ini Bakal Diberi Bantuan 200 Ekor Sapi

Tutup Tahun, 20 Kelompok Tani di Mubar Terima Bantuan Ternak Sapi
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) menjadwalkan pendistribusian 200 ekor sapi, bagi korban banjir bandang di Konawe, Konawe Utara (Konut) dan Kolaka Timur (Koltim). Sebanyak 200 ekor sapi itu bakal dibagi ke masing-masing kelompok yang ada di tiga daerah itu.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Sultra, Ari Siswanto menjelaskan, bantuan sapi itu untuk mengganti hewan ternak milik masyarakat yang hilang atau mati akibat banjir yang melanda tiga daerah itu.

“Pemerintah pusat melalui Distanak Sultra memberikan bantuan sebanyak 200 ekor sapi. Untuk Kabupaten Konawe sebanyak 100 ekor sapi, Konut 60 ekor sapi, dan Koltim sebanyak 40 ekor sapi,” ucapnya saat ditemui awak media, Jumat (20/9/2019).

iklan zonasultra

Baca Juga : Antisipasi Kekeringan Lahan, Dinas Pertanian Diminta Siapkan Alat Pompa Air

Meski begitu, bantuan sapi itu kini masih menunggu dari kementerian. Saat ini Distanak Sultra dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe, Konut, dan Koltim juga masih melakukan pendataan kepada kelompok-kelompok yang akan mendapatkan bantuan tersebut.

“Sekarang lagi proses berjalan, dan sesuai usulan dari kabupaten akan dibagi per kelompok. Kemarin juga tim sudah turun ke lapangan untuk melakukan verifikasi data, bukan perorangan tapi jadi ini kita buatkan per kelompak warga yang akan dikelola bersama-sama,” terangnya.

Nantinya, setelah tim Distanak Sultra telah melakukan verifikasi data warga yang memiliki hewan ternak tetapi mati karena dampak banjir, maka akan dilakukan pengiriman bantuan sapi tersebut. “Selain itu nanti kita juga ada bantuan benih padi, dan itu juga sudah berjalan. Tapi lagi-lagi jumlahnya kami belum mengetahui pasti,” tutupnya. (B)

 


Reporter: Randi Ardiansyah
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib