iklan zonasultra

Tiga Legislator Buteng yang Positif Corona Diduga Palsukan Surat Bebas Covid-19

Hasil Rapid Test, Enam Warga Wakatobi Reaktif Corona
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, BAUBAU – Tiga anggota DPRD Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Sulawesi Tenggara (Sultra) yang terkonfirmasi positif Covid-19 yakni H (62), R (47), dan HS (28) diduga telah memalsukan surat keterangan bebas Covid-19 agar bisa melakukan perjalanan dinas ke Kota Makassar.

Mereka diketahui mengantongi hasil rapid test nonreaktif dari Kota Baubau. Surat itu belakangan diketahui berbanding terbalik dengan hasil rapid test ketiganya.

Iklan Zonasultra

Kepala Seksi Surveilans Dinas Kesehatan Kota Baubau Musida Rahim membenarkan ketiga anggota DPRD Buteng itu mengikut rapid tes di Kota Baubau, dan hasilnya reaktif.

“Yang saya tahu itu ada tiga orang anggota DPRD dari Buteng, mereka melakukan rapid test di klinik di Kota Baubau, tapi hasilnya reaktif. Saya tidak tahu mereka dapat surat keterangan nonreaktif dari mana,” ungkap Musida lewat panggilan telepon, Kamis (30/7/2020).

Sementara Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Buton Tengah, Saharuddin, mengatakan, Tim Gugus Tugas Buteng tidak pernah mengeluarkan rekomendasi surat keterangan bebas Covid-19 untuk tiga orang anggota DPRD tersebut.

“Saya tidak tahu, bisa dihubungi di Kota Baubau kalau soal itu. Intinya kami (gugus tugas) di Buteng tidak pernah mengeluarkan surat bebas Covid-19 untuk tiga orang anggota DPRD tersebut,” tegasnya.

Pada 21 Juli 2020 tiga orang anggota DPRD tersebut telah dinyatakan reaktif versi rapid test. Kemudian pada 26 Juli mereka dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil tes PCR. Namun sehari sebelum pengumuman hasil tes PCR itu, tiga anggota DPRD tersebut telah berada di Kota Makassar dalam rangka perjalanan dinas.

Lolos Pemeriksaan

Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Baubau dr. Riki mengatakan, tiga anggota DPRD itu seharusnya sudah masuk daftar hitam dan tidak dibolehkan pulang karena positif Covid-19. Ia menyayangkan lolosnya ketiga legislator itu.

R lolos menumpangi pesawat Lion Air dari Makassar yang tiba di Bandara Haluoleo Kendari pada 29 Juli kemarin sekira pukul 11.00 WITA, terus melanjutkan perjalanan darat menyeberangi pelabuhan Ferry Amolengo – Labuan. Sementara H lolos menumpangi pesawat Wings Air (Lion Air Group) yang mendarat di Bandar Udara Betoambari Kota Baubau, Kamis (30/7/2020) sekira pukul 16.57 WITA.

H dan R saat ini diketahui sudah berada di kediamannya masing-masing di Kota Baubau, sementara HS belum diketahui keberadaannya.

“Katanya R sudah melapor di Kota Kendari. Sementara H katanya telah berobat di Kota Makassar. Kami sangat menyayangkan kenapa bisa lolos begitu saja bersama penumpang lainnya,” ujar Riki lewat panggilan telepon, Kamis (30/7/2020).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Buton Tengah, Saharuddin mengatakan, ketiga anggota DPRD Buteng itu telah tiba di rumahnya masing-masing. Kata dia, dua orang di Kota Baubau, satu orang berada di Kecamatan Mawasangka, Buton Tengah. Namun ia enggan menyebutkan nama anggota DPRD tersebut.

“Semuanya sudah tiba. Intinya kontak erat mereka akan dilakukan pemeriksaan agar kami mengetahui apakah keluarga dan kontak erat yang lain juga tertular Covid-19 atau tidak,” terang Saharuddin. (A)

 


Kontributor: Risno Mawandili
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib