iklan zonasultra

Tiga Partai Ini Segera Putuskan Pilihan Cawawali Kendari

Ilustrasi Wakil Walikota
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Tiga partai pemilik suara di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari memberi sinyal bakal segera memutuskan pilihan Calon Wakil Wali Kota (Cawawali) yang bakal dipilih. Dua kandidat yang akan dipilih yakni Adi Jaya Putra dan Siska Karina Imran dalam pemilihan Cawawali di DPRD Kendari.

Ketiga partai itu yakni Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo). Tiga partai ini tergabung dalam satu fraksi DKI. Suara sah yang dimiliki ketiga partai yang berkoalisi ini berjumlah 5 suara yang bakal diperebutkan AJP dan Siska Karina.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kota Kendari Suri Syahriah Mahmud memberi sinyal bakal menjatuhkan pilihan kepada anak Bupati Konawe Selatan (Konsel) itu lantaran AJP masif membangun komunikasi dan melakukan pendekatan, terutama ke Demokrat yang memiliki 2 kursi di legislatif.

iklan zonasultra

“Dari kedua calon ini yang paling intens komunikasi politiknya yaitu AJP, dan yang paling bagus komunikasi politiknya ya AJP. Itu yang menjadi pertimbangan Demokrat,” ujar Suri Syahriah Mahmud di salah satu Warkop di Kendari, Rabu (29/1/2020).

(Baca Juga : DPP PKS Tetapkan Satu Nama Cawawali Kendari)

Meski Siska Karina juga melakukan lobi-lobi politik, namun, Suri memandang AJP paling masif. Kendati begitu, keputusan untuk menyatakan pilihan belum final, sebab masih akan dilakukan rapat bersama partai yang tergabung dalam fraksi.

“Dalam waktu dekat kami akan rapat dengan koalisi DKI ini. Di sana nanti akan menetapkan pilihan, tiga partai ini satu paket, satu suara,” katanya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Perindo, Nekwan mengaku penentuan pilihan kepada salah satu Cawawali Kendari, perlu dilakukan secapatnya lantaran surat rekomendasi dua cawawali telah diserahkan oleh Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir ke DPRD, Selasa (28/1/2020) kemarin.

Menurut Nekwan, partai koalisi DKI harus secepatnya mengambil sikap. Untuk itu, kata dia, partai harus segera menggelar rapat untuk menentukan arah koalisi kepada salah satu kontestan.

(Baca Juga : PKS Usung AJP Sebagai Calon Wakil Wali Kota Kendari)

“Dalam waktu dekat ini kita akan rapat memanggil anggota fraksi di koalisi DKI nanti. Dari hasil rapat yang telah disepakati, kami akan mengumumkan secara resmi DKI mendukung AJP atau Siska,” terang Nekwan saat dihubungi melalui WhatsApp.

Politisi partai besutan Hary Tanoe ini mengakui kedua kandidat cawawali itu sudah melakukan komunikasi politik kepada masing-masing partai koalisi DKI. Namun, seharusnya, komunikasi itu dilakukan secara bersamaan bukan ke masing-masing partai.

“Komunikasinya bukan pada personal partai, namun komunikasinya langsung di tiga partai ini, jadi kita bisa tahu apa perkembangannya. Intinya yang kami dukung nantinya, itu adalah kesepakatan bersama DKI,” tegasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) PKB Kota Kendari Rahman Tawulo menegaskan, secara kepartaian, pihaknya belum akan menentukan kemana pilihannya akan berlabuh karena visi-misi dua kandidat belum dipaparkan.

(Baca Juga :Wali Kota Kendari: Pekan Depan, Nama AJP dan Siska Diajukan ke DPRD)

“Kita akan menentukan sikap setelah ada visi-misi mereka (AJP dan Siska Karina Imran), bagaimana ke depan, bagaimana nanti kalau mendampingi wali kota, untuk sekarang belum ada,” ucap Rahman Tawulo saat dihubungi melalui telepon.

Setelah dilakukan pemaparan visi-misi, tutur anggota DPRD Kendari ini, ketiga partai koalisi ini langsung menggelar rapat untuk menentukan siapa yang bakal dipilih. Soal komunikasi politik, PKB punya penilaian yang berbeda.

“Secara partai juga belum ada (pilihan). Itu kan penilaian masing-masing (AJP lebih masif lakukan pendekatan), karena kalau untuk saya, bagus dua-duanya,” ujarnya.

Rahman memastikan, keputusan yang diambil nantinya, keputusan untuk memberikan suara kepada salah satu kandidatnya bakal solid dan satu suara.

“Inshallah (satu suara). Nanti kita rapatkan dulu ke mana arahnya. Setelah saya pulang, minggu depan (baru akan digelar rapat). Karena DKI ini juga penentu, 5 suara,” pungkasnya. (B)

 


Kontributor: Fadli Aksar
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib