iklan zonasultra

Tiga Tahun Terakhir, APBD Konut Naik Ratusan Miliyar

Kepala BPKAD Konut, Marthen Minggu
Marthen Minggu

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Sejak masa kepemimpinan Ruksamin-Raup sebagai Bupati dan Wakil Bupati Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) pada 2016 lalu, alokasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) setempat terus naik hingga mencapai ratusan miliyar rupiah.

Kepala BPKAD Konut, Marthen Minggu mengatakan kenaikan dana belanja daerah yang siknifikan itu terjadi atas kinerja pemerintah yang dianggap berhasil menjalankan program-program pembangunan daerah dan masyarakat.

Serta, tatakelola keuangan yang baik dan tidak pernah mendapat disclaimer atau temuan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sejak 2017,2018 dan 2019. Ditahun itu juga, opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) diraih Pemda Konut.

Baca Juga : WTP Konut dan Peran Tangan Dingin Marthen Minggu

“Inilah mengapa kita mendapat kenaikan APBD tiap tahunnya. Yah, karena mampu menuntaskan persoalan keuangan yang dulunya sering mendapat disclaimer. Raihan WTP sebanyak 3 kali berturut-turut sangat berpengaruh dengan kenaikan APBD kita,”kata Marthen diruang kerjanya,

Diungkapkan, pada 2018 APBD Konut berada dikisaran Rp 784 miliyar, di 2019 naik menjadi Rp 872 miliyar dan untuk 2020 naik lagi sebesar Rp 923 Miliyar. Anggaran itu dipergunakan untuk kepentingan daerah seperti gaji pegawai, infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan lainnya.

“Yang menjadi kesyukuran kami, pimpinan daerah tidak pernah interfensi masalah keuangan daerah dan ikut campur baik itu untuk kepentingan pribadi, kelompok atau politik, apalagi main titip-titip itu tidak ada. Keluar masuknya dana semua berjalan sesuai aturan prosedur yang berlaku,”ujarnya.

Sementara itu, Bupati Konut, Ruksamin menyampaikan, peningkatan APBD tak lepas dari peran kerja seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang bekerja dengan baik, profesional dan kompak.

Dikatakan, meski dari besic politisi dirinya sama sekali tidak pernah mencampur adukan kepentingan politik dan pemerintahan. Sebab, akan berdampak pada proses peningkatan pembangunan dan tata kelolah keuangan daerah.

Baca Juga : Bawa Konut Raih WTP, Marthen Terima Penghargaan Presiden

“Saya menitipkan kedisiplinan, kejujuran dan kepercayaan kepada OPD saya. Mari kita bekerja bersama untuk daerah dan masyarakat. Tinggal saya evaluasi hasil kerja mereka. Dan alhamdulillah sekarang bisa kita lihat mulai dari pengelolaan keuangan, peningkatan sumber daya manusia, kesehatan, pembangungan dan lainnya bisa kita jalankan dengan baik,”tukasnya.(b)

 


Reporter: Jefri Ipnu
Editor: Abd Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib