iklan zonasultra

Tingkatkan Kapasitas Digital, Facebook Latih Masyarakat Kendari

Tingkatkan Kapasitas Digital, Facebook Latih Masyarakat Kendari

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Facebook Indonesia memberikan pelatihan bagi pencari kerja dan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) yang membutuhkan panduan untuk mengembangkan keterampilan digital instansi pemerintah. Kegiatan ini digelar di Hotel Claro Kendari, Selasa (26/3/2019).

Kepala Kebijakan Facebook Indonesia, Ruben Hatari, mengatakan bahwa agenda ini bertujuan untuk meningkatkan hubungan kemasyarakatan di dunia online, agar masyarakat secara umum dapat memanfaatkan internet secara maksimal untuk mencapai tujuannya serta para pelajar untuk menambah literasi digital.

Pihaknya sangat bangga dapat menghadirkan kampanye Facebook laju digital di Kendari. Mereka berkomitmen untuk membantu pemerintah dan usaha kecil dan menengah, komunitas, serta generasi muda di seluruh Indonesia dari bagian barat hingga daerah di Indonesia timur.

iklan zonasultra

“Pelatihan untuk kalangan pencari kerja akan membantu mereka meningkatkan keterampilan dalam optimalisasi pemakaian media sosial. Riset Morning Consult bekerjasama dengan facebook sejak 2017 mencatat adanya 90% UKM yang mengatakan transfer digital dan media sosial menjadi pertimbangan penting mereka saat akan mempekerjakan karyawan baru,” ujar Ruben Hattari melalui rilis tertulisnya.

(Baca Juga : Facebook Bakal Latih UKM dan Antisipasi Penyebaran Hoax di Kendari)

Sementara pelatihan bagi pelaku usaha kecil dan menengah dari Facebook akan membantu wirausaha menjangkau pelanggan baru dan mengembangkan bisnis mereka. Riset morning consult menunjukkan 2 dari 3 UKM di di Indonesia yang menggunakan WhatsApp mengatakan bahwa 77 persen diantaranya mengaku mengalami penjualan setelah menggunakan WhatsApp

“Kami membantu anda yang ingin sukses di era digital tanpa memandang kemampuan digital anda, apakah anda seorang pengguna baru maupun pengguna yang sudah Mahir menggunakan facebook, instagram ataupun whatsapp,” pungkasnya.

Dihubungi terpisah, Aldi, salah satu peserta pelatihan yang dilakukan oleh Facebook mengaku, dengan adanya pelatihan ini bisa membantu dirinya menambah ilmu pengetahuan tentang memulai usaha dan bisnis melalui Facebook dan Instagram.

“Banyak ilmu yang saya dapat, karena di sini kita diberi pemahaman dan pengetahuan Bagaimana memulai usaha di facebook ataupun instagram. kemudian bagaimana cara meningkatkan usaha kita itu bisa menjadi laris sehingga bisa memberikan keuntungan secara ekonomi yang lebih besar,” jelas Aldi yang juga mahasiswa jurusan jurnalistik UHO Kendari.

Dia berharap, kegiatan seperti ini bisa terus berkelanjutan karena banyaknya pemilik akun facebook ataupun instagram, utamanya kalangan milineal yang belum mengetahui keuntungan dari media sosial itu. Mereka hanya tahu aplikasi itu hanya untuk mencari pertemanan, bukan dimanfaatkan untuk berbisnis. (b)

 


Kontributor : Fadli Aksar
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib