iklan zonasultra

Tingkatkan Kreativitas, Pelaku UMKM Baubau Dikirim Magang ke Jawa

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Baubau, Yakub
Yakub

ZONASULTRA.COM, BAUBAU – Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Baubau, Sulawesi Tenggra (Sultra) akan dapat program pelatihan pengembangan kapasitas alias magang.

Proses magang ini dikordinir Dinas Koperasi dan UMKM Kota Baubau, dan akan diberangkatkan empat orang di Yogyakarta pada 28 Agustus 2019.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Baubau, Yakub, mengatakan program itu akan berlangsung 5 hari. Namun proses belajarnya nanti berlangsung 3 hari.

iklan zonasultra

Baca Juga : Pelaku UMKM di Baubau Dapat Dana Hibah Kementerian

“Kita perlu memberi inspirasi, perbandingan, dan cara bagaimana orang jawa mengemas cendera mata khas darahnya. Karena problem kita sekarang ini,” ujarnya, Kamis (23/8/2019).

Hal ini dilakukan agar para pelaku UMKM dapat berinterkasi dengan wisatawan asing. Kata Yakub, para wisatawan asing mengakui ke-khas cendera mata, hanya sulit untuk dibawa pulang.

“Pelaku UMKM kita banyak yang siapkan cendera mata bagi para bule, tapi bule bilang cendera matanya bagus hanya tidak bisa dibawa pulang,” lanjutnya.

Ada empat pengrajin yang akan diberangkatkan bulan ini. Yakni, pengrajin perunggu untuk hiasan pakaian sebanyak dua orang, pengrajin gerabah katobengke, dan Pengrajin kerang masing-masing satu orang.

Baca Juga : Pemkot Baubau Optimis Naik Tingkat Predikat Kota Sehat

Karena itu Pemkot Baubau berharap agar para pelaku UMKM dapat belajar dan bekerja efektif dan efisien. Selain itu juga alat-alat produksi apa saja yang bisa mendukung pelaku UMKM bisa lebih inovatif.

“Tahun ini karena terbatas anggaran, begitu dulu yang kita berangkatkan. Tahap kedua nanti, semoga akan lebih dari itu yang diberangkatkan,” ungkap Yakub. (b)

 


Penulis : M6
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib