iklan zonasultra

iklan zonasultra

Tingkatkan Kualitas Nelayan, Pemkab Buteng Bangun Kampung Nelayan

Kepala Dinas Perikanan Buteng Muh Rijal
Muh Rijal

ZONASULTRA.COM, LABUNGKARI – Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Buteng) melalui dinas perikanan akan membangun kampung nelayan di Desa Terapung, Kecamatan Mawasangka.

Desa Terapung adalah suatu desa terpencil yang berada sebelah utara. Ciri khas desa ini adalah rumah-rumah panggung yang berderet membentuk barisan persegi panjang. Desa ini dihuni mayoritas Suku Bajo.

Kepala Dinas Perikanan Buteng Muh Rijal mengatakan, saat ini pihaknya tengah menata desa tersebut untuk dijadikan kampung nelayan.

Pembangunan kampung nelayan ini bertujuan memecahkan berbagai permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat pesisir, khususnya nelayan dalam meningkatkan kualitas hidup mereka.

Menetapkan Desa Terapung sebagai kampung nelayan, kata Rijal, pihaknya telah melakukan analisis ketersediaan sarana, potensi sumber daya, hingga kondisi perekonomian masyarakat setempat.

“Desa terapung adalah desa yang wajib kami benahi menjadi kampung nelayan yang berkelanjutan karena semua syarat memenuhinya,” kata Rijal di Kantor Bupati Buteng, Kamis (28/6/2018).

Selain itu, Rijal menjelaskan analisisnya diukur berdasarkan kondisi jaringan jalan, jaringan drainasi, air bersih, listrik, maupun sanitasi.

“Aspek sosial desa terapung memiliki potensi yang mampu dijadikan modal permukiman berkelanjutan. Dalam hal ini pertumbuhan tidak hanya secara fisik saja, namun dengan hal pemberdayaannya juga. Kami akan membenahi serta memperbaikinya,” ujarnya. (B)

 


Reporter: CR4
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib