iklan zonasultra

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Pemkot Baubau Alokasikan Anggaran Rp203 Miliar

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Pemkot Baubau Alokasikan Anggaran Rp203 Miliar
PEMBANGUNAN - Salah satu pembangunan sekolah dasar di Kota Baubau. Salah satu pembangunan sekolah dasar di Kota Baubau. (M2/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, BAUBAU – Tahun ini Pemerintah Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) mengalokasikan anggaran untuk dunia pendidikan cukup tinggi. Dari total APBD 2018 Kota Baubau senilai Rp847,5 miliar, sebanyak Rp203,4 miliar dialokasikan untuk sektor pendidikan.

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Baubau La Ode Aswad mengatakan, untuk dunia pendidikan di Baubau dialokasikan 24 persen. Empat persen lebih tinggi dari amanat undang-undang yang menyatakan besaran anggaran pendidikan 20 persen dari postur APBD maupun APBN.

“Ketersediaan anggaran merupakan fokus pemerintah daerah. Sesuai ketentuan itu 20 persen dari APBD tapi kita bahkan sudah 24 persen keberpihakan anggaran untuk dunia pendidikan,” kata La Ode Aswad di Kantor Wali Kota Baubau, akhir pekan kemarin.

Keberpihakan anggaran ini merupakan salah satu komitmen Pemerintah Kota Baubau untuk menunjang keberhasilan peningkatan mutu dan kualitas pendidikan. Keberpihakan anggaran diyakini akan berbanding lurus dengan kualitas pendidikan yang diharapkan.

Kualitas pendidikan ini akan dicapai dengan dukungan peningkatan sarana prasana gedung sekolah. Melalui keberpihakan ini, beberapa sekolah berhasil direhabilitasi ataupun dibangun baru pada 2018.

Diantaranya SMP Negeri 20 Baubau, SMP Negeri 1 Baubau, SDN 1 Wajo, SMP Negeri 4 Baubau dan beberapa sekolah lainnya di Kota Baubau. Bahkan sekolah yang tanahnya sudah tidak memungkinkan, maka dibangun dua lantai.

Selain sarana prasarana, keberpihakan anggaran juga dipergunakan untuk peningkatan mutu dan kapasitas tenaga pengajar. Diyakini, semakin bagus kualitas tenaga pendidik maka semakin bagus pula kualitas peserta didik yang dihasilkan. (b)

 


Penulis: M2
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib