iklan zonasultra

Tingkatkan Penghasilan, Warga Dua Desa di Konsel Diajak Maksimalkan SDA

Tingkatkan Penghasilan, Warga Dua Desa di Konsel Diajak Maksimalkan SDA
DOSEN UHO - Dosen Fakultas Peternakan Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari menggelar berbagai kegiatan yang bisa mengedukasi masyarakat di bidang tersebut, salah satunya memberikan pengetahuan tentang merawat ternak dengan baik, penyediaan pakan yang baik, sehingga ternak bisa lebih sehat dan bernilai jual. (Istimewa)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Dosen Fakultas Peternakan Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari mengedukasi warga Desa Rambu-rambu dan Desa Lambangi, Kecamatan Kolono Timur, Kabupaten Konawe Selatan, terkait memaksimalkan sumber daya yang ada untuk menunjang perekonomian warga sekitar. Kegiatan ini masuk dalam program pengabdian kepada masyarakat.

Ketua tim pengabdian Desa Rambu-rambu, La Ode Arsad Sani mengungkapkan, dua desa tersebut dipilih karena masuk sebagai kawasan prioritas nasional dalam hal perekonomian.

Baca Juga : Dosen UHO Ajak Warga Konsel Inovatif Manajemen Pakan Ternak

iklan zonasultra

Sebagian besar warga di desa tersebut bekerja sebagai petani yang juga memiliki ternak. Untuk itu, pihaknya berinisiatif “Kalau pakannya sehat maka nilai jualnya juga baik. Kami juga membuat kebun percontohan agar bisa dilihat dan diterapkan oleh warga serta kebun percontohan yang ditanami jagung dan rumput odot,” kata Arsad, ditemui di ruang kerjanya, Senin (9/9/2019).

Selain itu, pihaknya juga memberikan pengetahuan baru terkait pemanfaatan mesin pembuat pelet ikan. Kata Arsad, bantuan dari Pemerintah Kabupaten Konsel tersebut telah lama diberikan kepada warga. Hanya saja, warga belum memahami fungsinya. Sehingga pihaknya bersama mahasiswa memberikan pengetahuan kepada warga soal penggunaan mesin tersebut.

Tingkatkan Penghasilan, Warga Dua Desa di Konsel Diajak Maksimalkan SDA

Baca Juga : Dosen FKIP UHO Ciptakan Aplikasi Pemberdayaan Guru Berbasis E-Learning

Selain itu, masih banyak lagi hal yang dilakukan tim pengabdian UHO untuk masyarakat, seperti mengajarkan membuat pupuk kompos, penanaman hijauan untuk ternak, kandang percontohan, dan sebagainya.

Dengan program ini, diharapkan masyarakat bisa lebih maksimal mengelola sumber daya yang ada di desanya, sehingga bisa membantu perekonomian warga. (b)

 


Kontributor: Sri Rahayu
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib