Tingkatkan SDM, STIK Avicenna Kendari Jalin Kerjasama dengan Perusahaan Jepang

(STIK) Avicenna Kendari
(STIK) Avicenna Kendari

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Sebagai upaya mengembangkan kemampuan mahasiswa dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIK) Avicenna Kendari menjalin kerjasama dengan perusahaan Jepang, Kaikoukai Health Group melalui PT OS Selnajaya Indonesia.

Kaikoukai adalah grup medis yang menyediakan layanan medis secara komprehensif, termasuk pencegahan, perawatan, hingga rehabilitasi dengan layanan medis umum hingga layanan medis mutakhir seperti PET-CT dan radioterapi.

“Kerjasama yang dijalin dengan Kaikoukai Health Group dengan perantara PT OS Selnajaya Indonesia bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa selaku tenaga medis, bahkan kerjasama ini juga memberi peluang kepada alumni yang belum bekerja,” jelas Ketua STIK Avicenna Kendari, dr Marzuki Hanafi Bantayan, Senin (23/7/2018).

Sebelumnya, kata dia, OS Selnajaya Indonesia telah membuka perekrutan bagi anggota baru dalam hal ini pemagangan perawat caregiver ke Jepang untuk angkatan ke-7.

Adapun persyaratannya ialah laki-laki atau perempuan usia 18-30 tahun, lulusan SMK Kesehatan, DIII/S1/NS Keperawatan, Kebidanan, Fisiotherapi, sehat jasmani dan rohani, tidak bertato, bagi laki-laki tidak bertindik.

“Kami berharap mahasiswa ataupun alumni dari STIK Avicenna Kendari dapat mengikuti program ini, tidak hanya untuk karir tetapi juga baik untuk memperkaya pengalaman serta meningkatkan mutu kualitas diri selaku tenaga medis,” katanya.

Dirinya menambahkan, melalui kerjasama ini juga diharapkan mampu meningkatkan kualitas SDM, khususnya lingkup Sultra, sehingga bidang kesehatan daerah ini lebih baik ke depan diikuti pelayanan kesehatan yang maksimal kepada masyarakat. Apalagi, mahasiswa yang mengikuti program ini akan dikirim ke Jepang.

Mantan Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Abd Wahab Bangkona ditemui di STIK Avicenna Kendari mengungkapkan, setelah melakukan kerjasama dengan perusahaan Jepang, STIK Avicenna diharapkan mampu memberi pendidikan Bahasa Jepang kepada para mahasiswa.

Untuk diketahui, PT OS Selnajaya Indonesia adalah salah satu di antara grup internasional Outsorcing Inc. (Kantor Pusat, Tokyo yang tercatat dalam Bursa Efek Tokyo) yang mengembangkan jasa terkait human resource secara komprehensif.

PT OS Selnajaya Indonesia menyediakan jasa dalam ruang lingkup yang luas, terutama human resource, legal dan pendidikan untuk mencari solusi tepat dalam segala masalah dan untuk efisiensi dalam pengurusan dan administrasi rumit yang dihadapi perusahaan Jepang yang ada di Indonesia.

Pelayanan yang disediakan antara lain, pengurusan pendirian perusahaan, recruitment personalia yang potensial serta pendidikannya, pembentukan sistem internal perusahaan yang mendukung pertumbuhan organisasi perusahaan secara berkelanjutan, optimalisasi pekerjaan untuk konsentrasi di kegiatan utama dan peningkatan produktifitas, pertukaran tenaga kerja/pelajar antara Jepang dan Indonesia melalui pemagangan dan bantuan belajar di luar negeri. (B)

 


Reporter: Sri Rahayu
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib