Tingkatkan SDM, UHO Teken MoU dengan PT PPT

Tingkatkan SDM, UHO Teken MoU dengan PT PPT
PENANDATANGAN MoU - Dekan Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian Universitas Halu Oleo (UHO), Ida Usman didampingi oleh Kepala Jurusan Teknik Geofisika, Irawati dan Kepala Jurusan Geologi Irsam S Hasan saat melakukan penandatangan MoU pada sektor pendidikan dengan PT Paramitha Persada Tama yang diwakili Humasnya Syafriansyah, Sabtu (10/2/2018).(MURTAIDIN/ZONASULTRA.COM).

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Universitas Halu Oleo (UHO) melalui Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian melakukan kerja sama dengan PT Paramitha Persada Tama, salah satu perusahaan pertambangan nikel yang beraktifitas di Desa Boedingi Kecamatan Lasolo Kepulauan, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kerjasama tersebut dituangkan dalam memorandum of understanding (MoU) dalam rangka peningkatan ilmu pendidikan pada sektor pertambangan. MoU ditandatangan langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian UHO, Ida Usman didampingi oleh Kepala Jurusan Teknik Geofisika, Irawati dan Kepala Jurusan Geologi Irsam S Hasan, sementara dari PT PPT diwakili oleh Humasnya Syafriansyah.

Dekan Fakultas Ilmu dan Teknik Geologi UHO, Ida Usman mengatakan, kerjasama dengan PT PPT adalah dalam bentuk pendidikan, di mana pihak UHO akan mengirimkan mahasiswanya jurusan fisika, geologi dan pertambangan untuk melakukan riset maupun kuliah kerja profesi (KKP) di perusahaan tersebut.

“Diawal kerjasama ini kami berencana melakukan penelitian, PT Paramitha juga berharap mahasiswa kita dapat menimba ilmu lebih di perusahaan terkait dengan aplikasi yang didapat dibangku perkuliahan. PT Paramitha bekomitmen untuk menerima mahasiswa kita, semoga apa yang mereka dapatkan disana dapat bermamfaat setelah selesai kuliah,” ujar Ida Usman, Sabtu (10/2/2018).

Dalam MoU yang telah ditandatangani tidak dituangkan berapa jumlah mahasiswa yang akan dikirim ke PT PPT. Namun, pengiriman mahasiswa akan berjalan secara rutin untuk kegiatan KKP mahasiswa jika telah usai melakukan dalam jangka waktu sebulan.

“Kita harap aplikasi yang didapat di bangku perkuliahan bisa mereka serap dan jalankan di dunia kerja,” katanya.

Dia menambahkan, dari sekian banyak perusahaan pertambangan nikel yang ada di Sulawesi Tenggara khususnya di Kabupaten Konawe Utara, PT PPT merupakan perusahaan pertama yang membuka diri menerima mahasiswa UHO untuk melakukan riset maupun KKP.

MoU ini akan dilakukan dalam jangka waktu lima tahun, dimulai sejak tahun 2018 ini. Sebelumnya, pihak kampus telah melayangkan surat ke beberapa perusahaan, namun hingga saat ini belum mendapatkan jawaban dari perusahaan.

“MoU yang dilakukan dengan PT Paramitha untuk penelitian dan KKP, ini yang pertama kali. Kami juga membuka kesempatan pada PT Paramitha untuk menyumbangkan ilmunya di kampus UHO dalam bentuk kuliah umum, sehingga jalinan kerjasama ini dapat berjalan baik,” harapnya.

Di tempat yang sama, Humas PT PPT Syafriansyah menuturkan, penandatangan MoU dengan UHO bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa pertambangan untuk membangun sumber daya manusia di Sultra yang lebih baik.

“Kalau kita semua perusahaan peduli dengan pendidikan, kedepan anak-anak kita sudah siap mengisi dunia pertambangan yang ada di Sultra ini. Ini juga salah satu CSR perusahaan pada dunia pendidikan,” tukasnya. (A)

 


Reporter : Murtaidin
Editor : Kiki

loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib