iklan zonasultra

iklan zonasultra

Tips Berlibur dengan Aman dari Basarnas

Kepala Basarnas Kendari Djunaidi
Djunaidi

ZONASULTRA.COM, KENDARI– Tak sedikit kita menemukan kasus kecelakaan atau musibah yang membahayakan jiwa manusia di sejumlah lokasi wisata hanya karena persoalan sepele.

Kali ini Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kendari memberikan tips agar Anda dapat berlibur dengan aman dan nyaman.

Kepala Basarnas Kendari Djunaidi mengatakan, sejumlah kasus kecelakaan yang ditangani Basarnas Kendari berlokasi di tempat wisata penyebabnya adalah kelengahan pengawasan dari orang tua korban.

Misalnya, beberapa tahun lalu di Permandian Batugong, Konawe serta kasus tenggelamnya anak di kolam renang Hotel Grand Clarion Kendari. Untungnya nyawa korban dapat terselamatkan.

“Orang tua jangan pada sibuk selfie dan main hape kalau lagi liburan sama anaknya. Anaknya harus dijaga dan diawasi,” ungkap Djunaidi kepada zonasultra.com, Selasa (12/6/2018).

Kemudian selalu memperhatikan tinggi gelombang atau ombak. Jika dirasa tidak memungkinkan sebaiknya tunda keinginan untuk bermain atau berenang.

Dan apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti tenggelam, warga diminta sigap dan segera menghubungi Basarnas di call center 115.

Selain itu, untuk menjaga keamanan, Basarnas Kendari telah menyiagakan tim khusus siaga lebaran di sejumlah titik tempat wisata di Sultra khususnya pantai.

“Jadi kita stand by kan tim personel 24 jam bergantian shift dengan peralatan yang memadai,” ungkap Djunaidi.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat untuk aktif dan berpartisipasi dalam menjaga keselamatan dan keamanan bersama. (B)

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib