iklan zonasultra

Tips Guru Berprestasi Ala Ibu Verawati

Tips Guru Berprestasi Ala Ibu Verawati
GURU BERPRESTASI - Baru-baru ini, guru SMPN 9 Kendari, Verawati berhasil menjadi guru paling berprestasi di Kota Kendari, serta mewakili Kota Kendari ke tingkat provinsi, dan berhasil memperoleh juara 2. (Sri Rahayu/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Baru-baru ini, guru SMPN 9 Kendari, Verawati berhasil menjadi guru paling berprestasi di Kota Kendari, serta mewakili Kota Kendari ke tingkat provinsi, dan berhasil memperoleh juara 2.

Guru kelahiran Kolaka, 17 Maret 1980 itu mengungkapkan dalam sistem penilaian sehingga memperolehjuara, bukan hanya potensi akademik guru saja yang menjadi standar penilaian, tetapi juga potensi pembinaan yang dimiliki oleh guru tersebut, bagaimana siswa-siswa yang dibinanya berhasil meraih prestasi baik itu tingkat kota, maupun tingkat provinsi.

“Alhamdulillah saya berhasil mewakili Kota Kendari diajang guru berprestasi tingkat provinsi. Mengalahkan guru dari berbagai tingkat pendidikan lainnya,” kata Verawati, Jumat (14/12/2018).

Baca juga : SMPN 9 Kendari Perkenalkan Siswanya Budi Daya Peternakan di UHO

Dalam proses mengajarnya, ia menggunakan beberapa metode dari berbagai pendekatan agar bisa melahirkan siswa yang cerdas. Selain di sekolah, ia juga menerima siswa yang ingin melakukan proses belajar di rumahnya. Hal itu dilakukannya karena mengingat waktu belajar disekolah cukup singkat, sehingga ia membuka peluang untuk siswa datang ke rumahnya untuk belajar.

Selain itu, ia juga melakukan pendekatan kepada orang tua siswa, untuk memperoleh kepercayaan.

“Kalau di sekolah saya itu, setiap dua minggu sekali ada kegiatan pembinaan siswa. Terus juga ada evaluasi kerja bersama kepala sekolah untk membahas perkembangan program mengajar, dan apa yang belum terlaksana,” kata dia.

Untuk manajemen waktu sendiri, ujar guru kelas VIII IPA itu, ia upayakan semaksimal mungkin agar bisa teratasi dengan baik antara waktu untuk menjalankan amanah sebagai seorang guru di sekolah, dengan keperluan lainnya. Bahkan, ketika dirumah, ia memanfaatkan media yang ada untuk mengembangkan potensinya. (B)

 


Kontributor : Sri Rahayu
Editor : Tahir Ose

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib