iklan zonasultra

Tips Mudik yang Aman, Perhatikan Hal Berikut

Ilustrasi Mudik
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Dalam melakukan mudik Lebaran 1440 Hijriah/2019 agar tetap aman dan selamat sampai di tujuan, tentunya Anda harus memperhatikan beberapa hal tentang tips mudik.

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XVIII Kementerian Perhubungan, Benny Nurdin Yusuf memberikan tips yang patut diikuti. Sesuai dengan tagline “Mudik Bareng Asyik Lancar”, arus mudik Lebaran tahun ini diharapkan dapat berjalan dengan baik, aman, nyaman, masyarakat merasa asyik untuk mudik, dan tidak terbebani.

Kata dia, masyarakat harus cerdas dalam memanfaatkan angkutan mudik Lebaran. Bila menggunakan angkutan umum, pilihlah angkutan yang benar-benar safety (aman), seperti jika pemudik naik bus, maka carilah bus yang sudah diberi tanda (stiker).

iklan zonasultra

Baca Juga : Pemkot Kendari Prediksi Arus Mudik Tahun 2019 Meningkat

“Kita sudah lakukan ram cek dan pasang stiker, lihat bus-bus yang ada stiker ram ceknya,” jelasnya ditemui di KantIlustrasior PT ASDP Indonesia (Persero) Kolaka, Rabu (22/5/2019).

Sementara, bila menggunakan kapal laut maka pastikan kapal tersebut memiliki perlengkapan keselamatan. Paling penting adalah pastikan ketersediaan alat pelampung. Menurutnya, ini menjadi hal utama bila terjadi musibah saat berlayar.

“Ini menjadi penting untuk menyelamatkan diri saat terjadi sesuatu,” tambahnya.

Kemudian, bagi pengguna sepeda motor. Bila biasanya pemudik lebaran menggunakan sepeda motor maka kali ini hindarilah penggunaan sepeda motor ketika melakukan perjalanan mudik.

Kalaupun tetap ingin mengendarai sepeda motor, maka gunakan sesuai dengan aturan yang berlaku seperti tidak memuat barang yang berlebihan dan tidak berboncengan tiga yang tentunya dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan.

“Ini sangat berbahaya, apalagi musim hujan seperti ini. Sepeda motor ini sangat rentan terhadap kecelakaan,” pungkasnya. (B)

 


Kontributor : Sitti Nurmalasari
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib