Honda

TNI dan Warga Bangun Sarana Prasarana dari Material Lokal

TMMD- TNI bersama warga setempat kala membangun Masjid Kelurahan Masiri, Batauga, Busel. Masjid ini ditargetkan rampung 26 Oktober 2019. (M6/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, BATAUGA – TNI bersama warga Kelurahan Masiri, Kecamatan Batauga, Buton Selatan (Busel), Sulawesi Tenggara (Sultra) makin mempercepat pembangunan sarana dan prasarana, seperti bangunan masjid, balai pertemuan, dan jalan desa.

Kemajuan pembangunan itu kini sudah terlihat. Tembok masjid dan balai pertemuan sudah berdiri kokoh. Sedangkan jalan desa, jalurnya terlihat sudah bersih.

(Baca Juga : TNI Bantu Warga di Busel Bangun Balai Pertemuan)

iklan zonasultra

Yang paling berkesan bagi warga setempat bukan hanya soal percepatan pembangunannya. Tapi juga material bangunan yang dibeli dari warga setempat sendiri. Mulai dari batu bata, pasir, juga batu.

Menurut La Ode Hamzah selaku Ketua LPM Kelurahan Masiri, ekonomi warga sedikit terbantu dengan pembangunan masjid tersebut.

“Di sini banyak warga yang bekerja mengumpulkan pasir dan batu. Juga ada yang bekerja mencetak batu bata. Itu semua dengan pembanguan masjid dan balai ini kita beli,” ujarnya ditemui saat membantu TNI membangun masjid, Sabtu (5/10/2019).

TNI dan Warga Bangun Sarana Prasarana dari Material Lokal
TNI dan warga bergotong menurunkan kayu untuk membangun balai pertemuan di Kelurahan Masiri

Kata Hamzah, setiap material bangunan yang ada di sekitar warga setempat akan dimanfaatkan untuk pembangunan masjid dan balai pertemuan. Dengan begitu warga bisa mendapat imbalan.

(Baca Juga : Cerita Ibu-ibu tentang TNI Masuk Desa di Busel)

Menurut Dandim 1413/Buton, Letkol Inf Arif Kurniawan melalui Koordinator TMMD ke-106 Busel, Peltu Anwar menjamin dengan kerja sama warga bersama personel TNI bisa merampungkan masjid dan balai pertemuan Kelurahan Masiri sesuai target.

“Iya sudah rampung (cor dan dinding lantai 2), hari ini progresnya pembuatan mal dudukan kubah, acian dalam dan luar masjid, dan pemasangan batu bata bagian belakang masjid,” terang Anwar, Selasa (8/10/2019).

Sementara untuk jalan desa, TNI dan warga kini tengah melakukan pengerasan jalan. Rencananya jalan tersebut akan dirabat. Targetnya sama, kelar sebelum 30 Oktober 2019, atau sebelum TMMD ke-106 Kodim 14/13 Buton usai. (b)

 


Penulis: M6
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib