iklan zonasultra

Tujuh Fenomena yang Menggambarkan Bulan Ramadan

ilustrasi ramadan
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, JAKARTA – Bulan Ramadan memang menjadi spesial bagi umat muslim. Selain bulan yang penuh ampunan dan berkah ini, banyak fenomena yang muncul hanya saat bulan Ramadan. Tujuh fenomena di bawah ini sangat menggambarkan bulan Ramadan.

1. Munculnya Iklan Sirup di TV

Ya. Saat bulan puasa iklan sirup mulai bermunculan di TV. Bahkan mempunyai cerita sendiri dan bersambung. Ending cerita iklan tersebut biasanya akan berakhir saat Idul Fitri tiba.

Iklan sirup ini terlihat sangat menggoda saat pada siang hari. Oleh sebab itu tidak disarankan menonton iklan sirup di TV saat sedang berpuasa.

2. Takjil Dijual di Mana-mana

Hampir sebagian penjual makanan akan beralih menjual takjil pada bulan puasa. Penjual takjil dapat ditemukan di mana-mana seperti di pinggir jalan, depan masjid, dan di sekitar tempat umum lainnya.

Aneka takjil yang dijual pun banyak variasinya. Mulai dari kolak, kurma, sup buah, gorengan, es kelapa muda dan jajanan tradisional lainnya. Tidak sulit mendapatkan makanan untuk berbuka puasa.

3. Reuni Saat Bukber

Buka bersama (bukber) menjadi agenda rutin saat bulan Ramadan. Bahkan saat bukber kerap dijadikan ajang reuni. Mulai dari bukber teman SD hingga teman kuliah, teman kerjaan, sahabat satu geng, teman arisan dan grup-grup lainnya. Atau bahkan bukber dengan mantan (ups).

Jadwal bukber biasanya juga mengantri. Jadi atur jadwal bukber dengan baik supaya tidak bentrok yah.

4. Adzan Magrib yang Sangat Dirindukan

Entah kenapa adzan Magrib menjadi sesuatu yang sangat dirindukan oleh muslim yang berpuasa. Yup, adzan Magrib menjadi pertanda bahwa waktu berbuka puasa telah tiba. Sudah diperbolehkan makan dan minum.

Biasanya setelah mengumpulkan makanan dan minuman untuk berbuka, orang-orang menyetel TV atau radio untuk mengetahui jika sudah masuk waktu Magrib. Begitu pula bagi yang sedang berada di sekitar masjid. Mereka menunggu muadzin mengumandangkan alunan adzan.

5. Kuota Malam Menjadi Berfaedah

Kuota malam yang pada bulan-bulan biasanya kurang termanfaatkan menjadi berfaedah saat bulan puasa. Berbagai operator memang memberikan paket kuota malam yang hanya bisa digunakan pada pukul 00.00-06.00.

Saat bulan puasa, terdapat aktivitas sahur yang biasanya dilakukan pada pukul 03.00 hingga imsak. Pada waktu itulah para pengguna gadget menggunakan kuota malamnya untuk berkomunikasi, mencari informasi maupun hiburan.

6. Bidadari Komplek Keluar Rumah Saat Tarawih

Salat tarawih hanya ada pada saat bulan Ramadan. Oleh sebab itu banyak orang yang tidak mau kehilangan momen tersebut. Mereka akan melakukan salat tarawih berjamaan di masjid.

Nah pada saat inilah banyak bidadari komplek yang keluar rumah untuk menunaikan salat tarawih. Perempuan-perempuan yang jarang keluar rumah akan muncul di masjid. Subhanallah.

7. Menanti THR

Setelah menjalani ibadah puasa umat Islam akan merayakan hari raya Idul Fitri. Hal yang selalu dinantikan bagi banyak orang adalah Tunjangan Hari Raya (THR). Apalagi bagi para pekerja yang sangat mengharapkan uang THR.

Uang THR biasanya akan digunakan untuk berbelanja. Bahkan untuk berbagai keperluan banyak orang berkata “Nunggu THR”. Namun ada THR lain yang sangat dinantikan oleh kaum jomblo yakni Tunangan Hari Raya.

Selamat menjalankan ibadah puasa dan selalu semangat. (B)

 


Penulis: Rizki Arifiani
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib