iklan zonasultra

Tujuh Petahana Dipastikan Maju Kembali, Pemprov Sultra Siapkan Plh Bupati

Kepala Biro Pemerintah Setda Sultra Ali Akbar
La Ode Ali Akbar

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Sebanyak tujuh daerah di Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada Desember 2020. Sejumlah petahana pun dipastikan bakal maju kembali dalam Pilkada tersebut.

Untuk mengantisipasi kekosongan jabtan Bupati di tujuh daerah tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra, bakal menyiapkan Pelaksana Harian (Plh) Bupati.

Iklan Zonasultra

Kepala Biro (Karo) Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Sultra, La Ode Ali Akbar mengungkapkan, saat ini Kepala Daerah (Kada) yang dipastikan akan kembali mencalonkan diri, yakni Bupati Wakatobi, Konawe Utara (Konut), Bupati Kolaka Timur (Koltim) Bupati Konawe Selatan (Konsel), Bupati Buton Utara (Butur) serta Bupati Muna.

“Kalau Muna hanya Bupati yang dipastikan maju kembali, wakilnya tidak. Tapi kita tetap siapkan Plh Bupati, sama seperti Konut, Wakatobi, Butur dan Koltim, kita siapkan Plh dari Pemprov Sultra,” beber Ali Akbar saat ditemui awak media di ruang kerjanya, Kamis (30/7/2020).

Untuk Bupati Konawe Kepulauan (Konkep) sampai saat ini dirinya belum mendapat konfirmasi terkait akan majunya Bupati dan Wakil Bupati di daerah itu. Ia mengaku, nantinya pejabat yang akan ditunjuk sebagai Plh Bupati akan bertugas selama 71 hari ke depan, terhitung sejak 26 September hingga 5 Desember 2020.

“Jadi diusul satu bulan sebelum Plh dilaksanaan, dan pengusulan akan berlangsung pada Agustus. Dan sekarang kita masih sementara mengurus untuk pengusulannya,” tutupnya. (a)

 


Reporter: Randi Ardiansyah
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib