iklan zonasultra

Tujuh Petahana DPRD Bombana Terpilih Kembali

Tujuh Petahana DPRD Bombana Terpilih Kembali
RAPAT PLENO - Pleno terbuka penetapan calon terpilih hasil Pemilu 2019, di sebuah hotel di Rumbia, Senin (12/8/2019) lalu. (Foto : Istimewa)

ZONASULTRA.COM,RUMBIA – DPRD Kabupaten Bombana dipastikan bakal diisi banyak wajah baru di periode 2019-2024. Dari 25 kursi yang tersedia, hanya tujuh orang petahana yang terpilih lagi di Pemilu 2019, dan kembali masuk parlemen. Sisanya, ada yang bertarung tapi gagal masuk, ada juga yang menjajal peruntungan bersaing ke level parlemen yang lebih tinggi.

Tujuh orang anggota DPRD Bombana yang kembali terpilih adalah Andi Wawan Idris (Gerindra), Andi Firman dan Abdul Rauf (PAN), Arsyad (Nasdem), Rumiyanto (Demokrat), Amiadin (PPP), Ahmad Mujahid (Golkar). Nama-nama mereka ditetapkan bersama 18 nama lain oleh KPU Bombana sebagai calon penghuni parlemen dalam sebuah pleno terbuka penetapan calon terpilih hasil Pemilu 2019, di sebuah hotel di Rumbia, Senin (12/8) lalu.

Dari pleno terbuka KPU yang dihadiri beberapa perwakilan peserta pemilu, Bawaslu, pihak kepolisian itu juga diketahui, hanya ada 11 parpol yang sukses mengirim kadernya ke parlemen. Nasdem dan PAN masing-masing merebut 5 kursi, PKB dan Gerindra sukses meraih 3 kursi. Yang meraih dua kursi ada tiga parpol yakni Golkar, PDIP, dan PPP. Sedangkan Hanura, Demokrat, dan PKS berbagi masing-masing 1 kursi.

iklan zonasultra

“Mereka inilah hasil pilihan rakyat Bombana di Pemilu 2019. Setelah penetapan ini, kami akan segera menyampaikan usulan calon terpilih ini agar diterbitkan SK pelantikanya oleh gubernur lewat bupati,” kata Aminuddin, Ketua KPU Bombana usai pleno. Katanya, masa jabatan DPRD periode 2014-2019 akan berakhir 30 September nanti. Jadi 1 Oktober 2019 itu harusnya sudah dilantik untuk periode 2019-2024.

Aminuddin juga menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak di Bombana yang turut membantu membuat Pemilu 2019 berjalan sukses. “Meski banyak rintangan, menguras energi dan pikiran apalagi karena Pileg dan Pilres diserentakan, namun kami mampu menuntaskan pemilu hingga digelarnya rapat pleno penetapan ini,” katanya.

(Baca Juga : 19 Petahana di DPRD Konawe Gagal, 11 Orang Bertahan)

Ketua KPU Bombana ini juga menyebutkan angka patisipasi Pemilu cukup fantastik dibandingkan kontestasi terdekat yakni Pilgub 2018 lalu. Jika Pilgub hanya 70 persen partisipasi, maka di Pemilu 2019 meningkat drastis hingga 82 persen. Ini artinya, kesadaran elektoral masyarakat Bombana sudah sangat bagus.

Melihat hasil Pemilu 2019 di Bombana, Partai Nasdem yang meski memiliki jumlah kursi yang sama dengan PAN, tapi dari raihan suara adalah yang terbanyak dengan 13.642 suara di lima Dapil di wilayah itu. Sementara PAN, yang di pemilu edisi lalu meraih 9 kursi, kali ini hanya bisa mempertahankan 5 kursinya dengan total 12.767 suara.

(Baca Juga : Pleno KPU Konut, Berikut Perolehan Kursi Partai dan Caleg Terpilih)

Sekadar informasi, ada empat orang anggota DPRD Bombana yang menguji kemampuannya ke level lebih tinggi. Mereka adalah Heryanto, H Rasyid dan Hasrat yang mendaftar untuk DPRD Sultra dapil Bombana-Konsel. Sayang, hanya Hasrat yang terpilih sedangkan dua lainnya gagal. Sementara satu lainnya, yakni Andi Nirwana menjajal masuk DPD RI. Nama terakhir ini meraih sukses luar biasa karena tidak saja sukses meraih satu kursi ke Senayan tapi juga mencatatkan diri sebagai peraih suara terbanyak calon DPD. (b)

 


Reporter : Muhamad Jamil
Editor Tahir Ose

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib