iklan zonasultra

Tujuh Puskesmas di Mubar Raih Akreditasi Madya dan Utama

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Mubar, Hidayat
Hidayat

ZONASULTRA.COM, LAWORO – Tujuh puskesmas di Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra) berhasil meraih predikat akreditasi madya dan utama tahun 2019.

Akreditas madya (dua bintang) diraih lima puskesmas, yakni Puskesmas Tikep, Tondasi, Guali, Tiworo Selatan, dan Kampobalano. Dua puskesmas lainnya terakreditas utama (tiga bintang) yakni Puskesmas Lawa dan Maginti.

Iklan Zonasultra

“Alhamdulillah kita sudah mendapatkan hasil penilaian akreditas RSUD dan puskesmas. Dan kita sangat bersyukur dengan capaian yang kita raih sebab geliat meningkatkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat bisa terwujud,” kata Kepala Dinas Kesehatan Mubar, Hidayat saat dihubungi, Minggu (12/1/2020).

Kata Hidayat, dari hasil penilaian akreditas, ada dua puskesmas meraih akreditas utama, dan baru lima puskesmas di Sultra yang mendapatkannya, dua di antaranya di Mubar.

Menurutnya, akreditas utama ini sangat membanggakan dan ke depan hasil ini akan menjadi patokan untuk puskesmas lainnya.

(Baca Juga : Perbaiki Kualitas Layanan Kesehatan, 7 Puskesmas di Mubar Akan Diakreditasi)

“Kita akan terus meningkatkan dan memberi pelayanan yang prima kepada masyarakat Mubar. Saya memberikan apresiasi kepada teman-teman di puskesmas yang sudah bekerja keras untuk mendapatkan akreditasi ini,” ungkapnya.

Kementerian Kesehatan RI menargetkan akreditasi seluruh puskesmas di tahun 2022. Di Mubar sendiri, proses akreditasi sudah dilakukan di 13 puskesmas dari 15 puskesmas sejak 2018 hingga 2019.

Tahun ini ada dua puskesmas yang akan diakreditasi lagi yakni Puskesmas Tiworo Tengah dan Wuna.

“Kita juga sekarang tengah mempersiapkan agar hasil yang diraihnya bisa meningkat. Sebab, kedua puskesmas sebelumnya meraih akreditas dasar,” jelasnya.

Hidayat menambahkan, pihaknya akan melakukan perbaikan terus menerus di semua lini agar seluruh puskesmas meraih hasil yang ditargetkan. Selain itu, pihaknya akan meningkatkan mutu pelayanan dan memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.

“Saya kira untuk mempertahankan hasil akreditasi itu, lebih susah dari pada saat baru mau diakreditasi. Tapi, saya yakin teman-teman di puskesmas bisa bekerja dengan baik, sehingga bukan saja mempertahankan tapi bisa ditingkatkan lagi,” ujarnya.

Di Mubar ada 15 puskesmas yang tersebar di 11 kecamatan yakni Puskesmas Maginti, Lawa, Pajala, Tikep, Tiworo Selatan, Tondasi, Sidamangura, Lailangga, Kombikuno, Kampobalano, Guali, Barangka, Marobea, Tiworo Tengah, dan Wuna. (b)

 


Kontributor: Kasman
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib