iklan zonasultra

Uji Sertifikasi Mahasiswa dan Alumni, USN Kolaka Gandeng LPJK Sultra

Uji Sertifikasi Mahasiswa dan Alumni, USN Kolaka Gandeng LPJK Sultra
LPJK-USN - Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka menggandeng Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan penandatanganan nota kesepahaman sertifikasi Tenaga Terampil dalam Bidang Pelaksana Jalan di Aula Akper USN Kolaka, Senin (5/8/2019). (Sitti Nurmalasari/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka menggandeng Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam rangka melaksanakan uji sertifikasi terhadap mahasiswa tingkat akhir dan alumni Teknik Sipil, Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) kampus merah marun itu.

Perjanjian pelaksanaan sertifikasi tenaga terampil dalam bidang pelaksana jalan dituangkan pada penandatanganan nota kesepahaman oleh Rektor USN Kolaka, Azhari dan Ketua LPJK Sultra, Buhardiman di Aula Akper USN Kolaka, Senin (5/8/2019).

Iklan Zonasultra

Ketua LPJK Sultra, Buhardiman mengatakan, kegiatan sertifikasi ini bagian dari program kerja LPJK tahun 2019, yakni LPJK Goes to Campus. Kata dia, tahun 2019 salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang dikunjungi oleh LPJK adalah kampus USN Kolaka.

“Khusus di USN Kolaka yang kita ikutkan sertifikasi sebanyak 25 orang. Untuk sekarang, jumlah tersebut yang kita alokasikan untuk mengikuti uji sertifikasi. Tapi kita harapkan tiap tahun bertambah,” jelas Buhardiman.

Baca Juga : Maba Tiga Prodi USN Kolaka Jalani Pemeriksaan Kesehatan

Dengan perjanjian yang telah disepakati, pihaknya dapat memberikan kontribusi dalam mengedukasi, melatih, mendidik, dan sekaligus mensertifikasi para alumni program studi teknik di USN Kolaka. Sehingga, ke depan mereka bisa lebih menyiapkan diri untuk berkompetisi dalam dunia kerja di bidang jasa konstruksi.

Sebutnya, selain kampus USN Kolaka, LPJK Goes to Campus juga pernah mendatangi kampus Universitas Halu Oleo (UHO) dan Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra). Tak hanya ketiga kampus ini, kedepan LPJK bakal menyasar kampus lainnya yang memiliki program studi teknik seperti Universitas Lakidende (Unilaki) dan Universitas Dayanu Ikhsanuddin (Unidayan).

Ia menambahkan, tujuan dari kegiatan ini yakni untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada mahasiswa maupun alumninya tentang pentingnya mengikuti uji sertifikasi. Agar kelima perguruan tinggi tersebut bisa menyuplai tenaga kerja di bidang konstruksi yang memiliki kompetensi.

Di tempat yang sama, Rektor USN Kolaka, Azhari mengapresiasi LPJK Sultra yang sudah bersedia bekerjasama dalam melakukan sertifikasi terhadap mahasiswa dan fresh graduate Teknik Sipil, Saintek, USN Kolaka. Azhari berharap pelaksanaan kegiatan sertifikasi bisa ditindaklanjuti di tahun mendatang.

Baca Juga : USN Kolaka Bakal Perbanyak Buka Program Vokasi

Sebab, menurutnya, program ini sejalan dengan program Kemenristekdikti yang mengharapkan mahasiswa perguruan tinggi, setelah lulus bisa langsung memiliki sertifikat kompetensi. Sehingga, mereka memiliki kemampuan untuk berdaya saing dalam dunia kerja.

“Saat mencari kerja khususnya di bidang konstruksi, mereka bukan hanya bermodal ijazah, tapi ada sertifikat kompetensi yang mereka miliki,” ujarnya.

Ketua Pelaksana Sertifikasi, Isramyano Yatjong menjelaskan selain melakukan sertifikasi terhadap 25 orang yang terdiri dari 18 mahasiswa tingkat akhir dan 7 orang fresh graduate Teknik Sipil, Fakultas Saintek, USN Kolaka, LPJK juga membawakan seminar tentang Peluang dan Tantangan Jasa Konstruksi di Sultra.

“Mereka yang mengikuti sertifikasi tenaga terampil, sudah pernah melewati kuliah kerja praktek di beberapa perusahaan konstruksi,” pungkasnya. (a)

 


Kontributor : Sitti Nurmalasari
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib