iklan zonasultra

UKM di Mubar Meningkat 50 Persen, Tapi Banyak Tak Punya Izin Usaha

Burhanuddin
Burhanuddin

ZONASULTRA.COM, LAWORO – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra) mencatat, dalam tahun ini, pertumbuhan UKM di daerah itu meningkat hingga 50 persen.

Burhanuddin
Burhanuddin

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Mubar Burhanuddin mengatakan, salah satu faktor yang mempengaruhi peningkatan itu adalah beroperasinya Badar Udara (Bandara) Sugimanuri di daerah itu, khususnya di wilayah Kusambi.

Iklan Zonasultra

Selain itu, Burhanuddin menilai, dorongan Pemda setempat kepada masyarakat untuk mengembangkan usaha kecil juga salah satu motivasi meningkatnya UKM di Mubar.

Sayangnya, pesatnya pertumbuhan UMK di daerah itu ternyata tidak berbading lurus dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor ini. Sebab, masih banyak UKM yang belum memiliki izin usaha.

“Akibatnya, mereka kesulitan mendapatkan bantuan modal, baik itu pinjaman modal melalui KUR maupun bantuan stimulan dari pemerintah. Karena belum punya izin usaha,” katanya.

Kata dia, hal itu disebabkan karena minimnya pengetahuan masyarakat tentang alur pengurusan izin usaha.

Namun begitu, dia tetap berharap agar masyarakat pemilik usaha makro, kecil dan menengah agar tetap mengurus izin atas usahanya melalui instansinya.

“Kami terbuka untuk itu meski pengurusan izin UKM dilakukan di Kecamatan, tetapi tembusannya juga dilakukan di Dinas Koperasi,” pungkasnya. (C)

 

Reporter: Laode Pialo
Editor: Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib